PBB Sumbangkan PAD RP16,01 Miliar Bagi Manado

- Pewarta

Jumat, 5 Oktober 2018 - 04:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mediaemiten.com, Manado – Pajak bumi dan bangunan (PBB) menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp16,01 miliar bagi Kota Manado, Sulawesi Utara, hingga September 2018.

“Realisasi PBB tersebut baru mencapai 59,32 persen dari target yang ditetapkan pada APBD-P Manado 2018 oleh pemerintah dan DPRD Manado,” Kata Kepala Badan Pengelola Pajak dan etribusi Daerah Manado, Harke Tulenan di Manado, Jumat (5/10/2018). Dia mengatakan, memang pemasukan daerah dari PBB tersebut belum sesuai target karena sudah di triwulan tiga baru sampai pada angka tersebut. “Secara umum, target PBB pada APBD-P Manado memang diturunkan dari induk, karena pergerakan pemasukannya agak lambat, sebab kondisi perekonomian masyarakat para wajib pajak yang tidak stabil,” katanya.

Tulenan mengatakan, pada induk APBD 2018, PBB ditargetkan memasukan pendapatan bagi Manado sebesar Rp30,2 miliar, namun karena pemasukannya tidak begitu selama beberapa bulan sebelumnya maka diturunkan. “Dari yang awalnya Rp30,2 miliar kami kurangi menjadi Rp27 miliar sambil tetap berusaha mengumpulkan dari masyarakat,” katanya.

Menurut Tulenan, khusus untuk PBB memang pemasukannya baru akan terlihat di akhir-akhir tahun anggaran, karena rata-rata wajib pajak mau akan membayar menjelang jatuh tempo, atau bahkan pada sebelumnya. Dia mengatakan, untuk memastikan seluruh warga Manado yang merupakan wajib pajak melakukan tugasnya, maka pihaknya bersama pemerintah kelurahan dan kecamatan terus menyosialisasikan pentingnya membayar PBB.

“Kami mengingatkan masyarakat bahwa pajak yang dibayarkan akan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat juga, jadi diharapkan tergugah dan mau membayar pajak,” katanya. (joy)

Berita Terkait

Inilah Profil Dirgayuza Setiawan yang Dikabarkan akan Menjadi Wakil Menteri BUMN di Kabinet Prabowo – Gibran
Inilah Profil Sudayono yang Diisukan akan Menjadi Wakil Menteri Koperasi, UKM dan Pasar Tradisional
Berdasarkan Poster Viral, Ini Daftar Lengkap Susunan Kabinet Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka
Kasus Korupsi Pengadaan LNG, Mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan Didakwa Rugikan Negara Rp1,77 T
Di Tengah Perlambatan Ekonomi Global, Kinerja Perekonomian Indonesia Tahun 2023 Tetap Tumbuh Kuat
Koordinasi dengan Bidkum, Polda Metro Jaya Nyatakan Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Aiman Witjaksono
Percepat Revolusi Vokasi: Kadin dan BNSP Bersatu Lewat Sinergi Sertifikasi
Sebagai Pejabat Sementara, Tito Karnavian Diberi Wewenang dan Tanggungjawab Menko Polhukam oleh Jokowi
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.