Connect with us

NASIONAL

Tips Jaga Kesehatan untuk Jemaah Indonesia pada Saat Jelang Puncak Haji atau Armuzna

Published

on

MEDIA EMITEN – Menjelang puncak haji yang biasa disebut Armuzna (Arafah Muzdalifah dan Mina), jamaah Haji Indonesia diimbau untuk terus menjaga kesehatan dengan meminimalisir kegiatan ibadah sunnah yang menguras energi. 

Alasannya, para jemaah haji harus mempunyai stamina yang terjaga ketika melakukan rangkaian ibadah haji yang cukup melelahkan secara fisik.

Karena itu, para jemaah diminta mengurangi aktivitas fisik yang berlebihan menjelang puncak ibadah haji. 

“Beberapa hari ini sebelum pelaksanaan Armuzna, kami meminta jemaah meminimalisir aktivitas-aktivitas yang lain.”

“Misalnya umroh,” terang Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Arsyad Hidayat di Kota Jeddah, Senin 27 Juni 2022.

“Itu artinya mereka (Jemaah) harus menghemat energi dan tenaga.”

“Sehingga pada puncaknya nanti, wukuf dalam kondisi sehat. Karena ibadah haji itu ya Arafah,” jelasnya menambahkan.

Arsyad melanjutkan, dikhawatirkan para jamaah yang terlalu bersemangat menyebabkan pada hari puncaknya tidak bisa melakukan wukuf.

“Jangan nanti sunnahnya didahulukan, tapi yang wajib karena kondisinya lemah tidak bisa melakukan wajib dan rukun haji. Ini kan rugi sekali,” tuturnya.

Apalagi, sekarang konsentrasi massa mulai terpusat di Kota Mekah, seiring kian dekatnya puncak haji.

Kondisi tersebut berpotensi menciptakan sejumlah permasalahan yang akan dihadapi para Jemaah Tanah Air.***


NASIONAL

Ferdy Sambo Ditetapkan Jadi Tersangka

Published

on

By

Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo/IST

MEDIA EMITEN – Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo ditetapkan tersangka dalam kasus penembakan Brigadir Yosua Nopryansyah Hutabarat atau Brigadir J.

“Timsus menetapkan FS tersangka,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 9 Agustus 2022.

Irjen Ferdy Sambo merupakan tersangka keempat dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Sebelumnya, Bareskrim telah menetapkan tiga tersangka.

Tersangka pertama adalah Bharada Dua Polri Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, disangkakan dengan Pasal 338 KUHPn juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Tersangka kedua Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR, disangkakan dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana juncto Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP, sedangkan tersangka ketiga berinisial KM.

Kasus ini yang tadinya dilaporkan sebagai peristiwa tembak-menembak menjadi peristiwa pembunuhan setelah Bharada E mengubah kesaksiannya dan mengajukan diri sebagai justice collaborator kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Dalam kasus ini, Polri juga memeriksa 25 anggota Polri karena melanggar prosedur penanganan olah tempat kejadian perkara (TKP), empat di antaranya di amankan di tempat khusus di Mako Brimob untuk pemeriksaan intensif, salah satunya Irjen Pol Ferdy Sambo, mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Peristiwa tewasnya Brigadir J terjadi pada hari Jumat 8 Agustus 2022 di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo.


Continue Reading

NASIONAL

Kasus Meme Candi Borobudur, Roy Suryo Resmi Ditahan

Published

on

By

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo/IST

MEDIA EMITEN – Polda Metro Jaya menahan Roy Suryo dalam kasus dugaan penistaan agama terkait meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, Roy Suryo ditahan selama 20 hari ke depan.

“Mulai malam hari ini terhadap Saudara Roy Suryo Notodiprojo, laki-laki usia 52 tahun sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian, mulai malam ini dilakukan penahanan,” kata Endra Zulpan di Jakarta, Jumat 5 Agustus 2022.

Zulpan menambahkan, alasan penahanan Roy Suryo karena dikhawatirkan yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti.

Tak hanya itu, penyidik juga menyita sejumlah barang bukti dalam kasus yang menjerat Roy Suryo tersebut.

“Beberapa barang bukti yang disita mulai malam ini terkait tindak pidana ini di antaranya adalah akun Twitter Saudara Roy Suryo, ‘handphone’ Saudara Roy Suryo dan ‘handphone’ dari saksi atas nama Ade Suhendrawan,” ujar Zulpan.

Roy Suryo telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama terkait meme stupa Candi Borobudur.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu dijerat Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kemudian ia juga disangkakan Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penodaan Agama dan Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946.

Roy Suryo pada Jumat kembali menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai tersangka di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

Roy Suryo tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 13.00 WIB. Sebelum diperiksa, polisi terlebih dahulu memeriksa kondisi kesehatan Roy Suryo dan dinyatakan sehat.


Continue Reading

NASIONAL

Dewan Komisioner OJK 2022-2027 Dilantik

Published

on

By

Pelantikan Dewan Komisiner OJK periode 2022-2027/IST

MEDIA EMITEN – Mahkamah Agung (MA) RI secara resmi melantik dan mengambil sumpah sembilan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027 di Jakarta, Rabu 20 Juli 2022.

Pelantikan sembilan Anggota Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027 itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 51/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan keanggotaan dewan komisioner OJK.

Pengucapan sumpah jabatan dilakukan di hadapan Ketua MA Muhammad Syarifuddin. Setelah membacakan sumpah para pejabat OJK tersebut berjalan menuju meja penandatanganan.

Deputi Komisioner Humas dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anto Prabowo membacakan sembilan anggota dewan komisioner OJK baru periode 2022-2027 berdasarkan Keppres Nomor/51 P Tahun 2022 ialah:

(1) Mahendra Siregar, Ketua Dewan Komisioner OJK merangkap anggota;
(2) Mirza Adityaswara, Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK sebagai komite etik merangkap anggota;
(3) Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan merangkap anggota;
(4) Inarno Djajadi, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota;
(5) Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutif Pengawasan Perasuransian Dana Pensiun Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya merangkap anggota;
(6) Sophia Issabella Wattimena, Ketua Dewan Audit merangkap anggota;
(7) Friderica Widyasari Dewi, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK;
(8) Doni Primanto Joewono, Anggota Dewan Komisioner OJK Ex-officio Bank Indonesia;
(9) Suahasil Nazara, Anggota Dewan Komisioner OJK Ex-Officio Kementerian Keuangan;

Sebelumnya, Anto juga membacakan bahwa terhitung sejak pengucapan sumpah janji anggota dewan komisioner OJK periode 2022-2027, Presiden RI memberhentikan dengan hormat keanggotaan dewan komisioner OJK periode 2017-2022 disertai dengan ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan tersebut, sebagaimana yang tertuang dalam Keppres Nomor/51 P Tahun 2022.


Continue Reading

Trending