Connect with us

BISNIS

Pertamina Dukung Transformasi PIS Jadi Subholding Integrated Marine Logistics, Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Published

on

PT Pertamina International Shipping (PIS)./ Dok. Pertamina

MEDIA EMITEN – PT Pertamina (Persero) terus mendukung terlaksananya rangkaian proses transformasi PT Pertamina International Shipping (PIS) dari sebelumnya sebagai Subholding Shipping hingga bertransformasi menjadi Subholding Integrated Marine Logistics.

Transformasi ini dilakukan agar PIS dapat bergerak cepat dalam mengembangkan portofolio bisnisnya di kancah global.

Dikutip Media Emiten dari laman resmi Pertamina, transformasi Pertamina Intenational Shipping dari Subholding Shipping menjadi Subholding Integrated Marine Logistics memberikan benefit baik dari sisi bisnis maupun non-bisnis diantaranya PIS dapat secara mandiri melaksanakan strategi dan optimalisasi bisnis melalui kerja sama dengan mitra baik domestik maupun internasional dalam rangka meningkatkan keandalan dan operasional di bidang angkutan laut, marine services, dan logistics.

Baca Juga: Pertamina Bina Medika IHC Ajak Hidup Berdampingan dengan Covid-19 Melalui Webinar NGOPI SEHAT

Selain itu, perusahaan dapat melakukan Financial Funding secara mandiri dari lembaga perbankan baik di dalam negeri maupun di luar negeri serta mendorong PIS untuk memiliki manpower yang profesional dan berkualitas, pengelolaan perusahaan yang transparan sesuai dengan GCG, serta operasional perusahaan yang andal dan efisien sehingga memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik di mata customer ataupun investor.

Direktur Utama Pertamina International Shipping, Erry Widiastono mengatakan transformasi ini merupakan langkah strategis yang diamanatkan Pertamina selaku pemegang saham untuk mendukung pencapaian target yang dicanangkan”.

Pertamina International Shipping memiliki beberapa program dengan target yang telah ditetapkan meliputi, pencapaian target EBITDA di atas US$300 juta, dengan laba bersih sekitar US$110 juta, dan menghasilkan revenue di atas US$2 miliar untuk mendukung Pertamina secara group mewujudkan aspirasi berada di posisi top 100 perusahaan dunia Global Fortune 500 dengan valuasi US$100 miliar pada tahun 2024.

Baca Juga: Pemerintah Beri Bantuan Tunai Rp1,2 triliun kepada 1 Juta Usaha PKL dan Warung

Ery menambahkan, untuk mendukung pencapaian target-target tersebut, PIS perlu melakukan ekspansi bisnis melalui pengangkutan laut antar pelabuhan di Indonesia dan peningkatan pengangkutan kargo ekspor/impor baik untuk pasar Pertamina group maupun non Pertamina (3rd party business).

Selanjutnya, membuat peningkatan pelayanan untuk alat-alat yang berhubungan dengan pelayaran dan melayani logistik offshore yang terintegrasi dengan pengelola jasa pelabuhan, keagenan, oil spill response dan lain-lain.

Selain itu, Pertamina International Shipping juga memiliki target optimalisasi layanan jasa logistics dengan pengalihan 6 terminal yang dikelola langsung oleh Subholding IML (Fuel Terminal Bau-Bau, Kotabaru, Sambu, Tanjung Uban dan Terminal LPG Tanjung Sekong serta Tuban). (ENI)

Baca Juga: Daftar Lengkap 10 Pesohor Hollywood yang Meninggal di Tahun 2021


BISNIS

Berawal sebagai Penjahit dan Pembuat Pola Tas, Mitra Binaan Pertamina Raih Omzet Ratusan Juta Rupiah

Published

on

Tangkapan layar produk buatan Rosyanah, pengusaha mikro dan kecil yang menjadi mitra binaan Pertamina. (Dok. Pertamina.com)

MEDIA EMITEN – PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus berkomitmen mendukung perekonomian mikro dan kecil di semua sektor pada mitra binaannya.

Rosyanah, perempuan kelahiran Ciamis 1968 ini merupakan pemilik usaha kerajinan kulit dengan akun instagram @etnixleather.

Berawal dari menjahit dan membuat pola tas, Rosyanah yang kini menjadi mitra binaan Pertamina, memberanikan diri untuk membangun usahanya bersama suami pada tahun 2002.

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di dalam artikel Berawal sebagai Penjahit dan Pembuat Pola Tas, Mitra Binaan Pertamina Raih Omzet Ratusan Juta Rupiah


Continue Reading

BISNIS

Tuan Rumah Forum G20, Indonesia Manfaatkan Showcasing Pariwisata

Published

on

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. /Instagram.com/@smindrawati.

MEDIA EMITEN – Penyelenggaraan rangkaian pertemuan G20 di Indonesia akan memancing fokus perhatian dunia kepada Indonesia.

Momen tersebut akan dimanfaatkan Indonesia untuk menunjukkan (showcasing) berbagai kemajuan yang telah dicapai kepada para delegasi yang hadir dari berbagai penjuru dunia.

“Sebagai gambaran, satu pertemuan menteri itu kira-kira hadir hampir 800 orang. Kita gunakan untuk showcasing. Misalnya pariwisata di Jakarta, di Bali, atau di kota-kota lain,” kata Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Wempi Saputra.

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di dalam artikel Tuan Rumah Forum G20, Indonesia Manfaatkan Showcasing Pariwisata


Continue Reading

BISNIS

Jokowi Cek Ketersediaan BBM di Bali, Kondisi Aman

Published

on

Presiden Jokowi melakukan pengecekan ke Fuel Terminal BBM Pertamina Sanggaran, Pedungan, Denpasar Selatan, Bali. (Dok. Pertamina.com)

MEDIA EMITEN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan ke Fuel Terminal BBM Pertamina Sanggaran, Pedungan, Denpasar Selatan, Bali.

Presiden Jokowi mengecek ketersediaan BBM di lokasi tersebut sekaligus memastikan kesiapan Bali dalam menghadapi G20 Summit.

Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno tiba di Terminal BBM Sanggaran, Bali, Jumat, 3 Desember 2021.

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di dalam artikel Jokowi Cek Ketersediaan BBM di Bali, Kondisi Aman


Continue Reading

Trending