Connect with us

NASIONAL

Jokowi: Percepat Penyaluran Bansos dan Tambah Paket Bantuan Obat Gratis

Published

on

Presiden Joko Widodo./ Dok. mediaemiten.com.

MEDIA EMITEN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial dan obat-obatan gratis kepada masyarakat pada pekan ini.

Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di tengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Baca Juga: Nekat Beroperasi Saat PPKM Darurat, 2 Pabrik di Citeureup Bogor Ditutup

“Saya minta jangan sampai terlambat, baik itu PKH (Program Keluarga Harapan), baik itu BLT (Bantuan Langsung Tunai) Desa, baik itu Bantuan Sosial Tunai (BST), jangan ada yang terlambat. Dan yang paling penting lagi adalah bantuan beras, bantuan sembako. Minggu ini harus keluar, percepat, betul-betul ini dipercepat,” ujar Presiden Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas mengenai Evaluasi PPKM Darurat, melalui konferensi video, dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 16 Juli 2021 dikutip mediaemiten.com dari laman setkab.go.id, Sabtu, 17 Juli 2021.

Kepala Negara meminta Kementerian Sosial (Kemensos) dan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk tidak ragu dalam menyalurkan bantuan sosial secepatnya kepada masyarakat.

Untuk itu, Jokowi meminta keduanya segera berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait prosedur penyalurannya.

“Saya minta KaBulog dan utamanya Mensos jangan ragu-ragu. Karena prinsipnya adalah yang paling penting ini kita enggak mencuri, enggak mengambil, prosedurnya tolong didampingi BPKP,” ujarnya.

Jokowi mengapresiasi pendistribusian bantuan vitamin dan obat-obatan gratis yang telah dimulai sejak 15 Juli 2021 lalu.

Bantuan obat-obatan ini dikhususkan untuk masyarakat yang terpapar virus Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala dan sedang menjalankan isolasi mandiri (isoman).

“Termasuk dalam hal ini, pemberian obat-obatan gratis. Obat, suplemen, vitamin gratis pada rakyat, ini sangat diapresiasi,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Namun, Jokowi menilai 600 ribu paket obat-obatan, yang disalurkan 300 ribu dalam dua tahap, masih dirasa kurang.

Simak Pula: Pesan Dirut Pertamina untuk Milenial: Jangan Pernah Takut Mengambil Kesempatan

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta Kementerian Keuangan untuk menambah anggaran guna meningkatkan jumlah ketersediaan paket bantuan vitamin dan obat-obatan untuk masyarakat sebanyak lebih dari dua juta paket bantuan.

“Saya minta Ibu Menteri Keuangan ini disiapkan paling tidak di atas dua juta paket, kan enggak mahal,” tutur mantan Walikota Solo itu. (EMA)


NASIONAL

Menteri ATR/Kepala BPN: Jangan Mudah Percayakan Pengurusan Sertfikat Tanah Kepada Orang Lain

Published

on

Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil. /Dok. setkab.go.id

MEDIA EMITEN – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil meminta masyarakat jangan mudah memberikan kepercayaan pengurusan sertifikat tanah kepada orang lain.

Hal ini untuk menghindari terjadinya kasus balik nama yang melibatkan mafia tanah seperti yang dialami artis Nirina Zubir baru-baru ini.

Sofyan Djalil menegaskan Kementerian ATR/BPN selaku instansi pemerintah yang menangani administrasi pertanahan dan tata ruang, bertindak sangat serius memerangi mafia tanah.

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di dalam artikel Menteri ATR/Kepala BPN: Jangan Mudah Percayakan Pengurusan Sertfikat Tanah Kepada Orang Lain


Continue Reading

NASIONAL

Pemerintah Arab Saudi Kasih Sinyal Buka Kembali Umrah dan Haji untuk Jemaah Indonesia

Published

on

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. /Instagram.com/@airlanggahartarto_official

MEDIA EMITEN – Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan, pemerintah Arab Saudi telah memberikan sinyal untuk membuka kembali Umroh dan haji
untuk jemaah Indonesia.

Menurut Airlangga Hartarto, hal itu telah disampaikan pemerintah Arab Saudi kepada pemerintah Indonesia melalui Nota Diplomatik yang dikeluarkan pada 8 Oktober 2021 yang lalu.

” Namun hal ini masih perlu dibicarakan lebih lanjut antar kedua negara,” kata Airlangga Hartarto seperti dikutip Hallo.id dari laman resmi Kemenko Perekonomian.

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di dalam artikel Pemerintah Arab Saudi Kasih Sinyal Buka Kembali Umrah dan Haji untuk Jemaah Indonesia


Continue Reading

NASIONAL

Greenpeace Tanggapi 9 Poin Pidato Presiden Joko Widodo di Konferensi COP 26 Glasgow

Published

on

Presiden Joko Widodo. /Instagram.com/@jokowi

MEDIA EMITEN – Greenpeace Indonesia menyayangkan isi pidato Presiden Joko Widodo dalam perhelatan COP 26 di Glasgow, Senin, 1 November 2021 waktu setempat.

Greenpeace Indonesia menyebut pidato Jokowi tidak memperlihatkan komitmen serius dan ambisius yang merupakan inisiatif pemerintah sendiri.

Indonesia seharusnya bisa menjadi contoh bagi banyak negara berkembang untuk memutus ketergantungan terhadap energi kotor, mewujudkan nol deforestasi, serta tidak bergantung pada dukungan internasional.

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di dalam artikel Greenpeace Tanggapi 9 Poin Pidato Presiden Joko Widodo di Konferensi COP 26 Glasgow


Continue Reading

Trending