Connect with us

JAWA

Longsor Kembali Terjadi, Sebanyak 11 Warga Desa Cihanjuang Meninggal Dunia

Avatar

Published

on

Tanah longsor di wilayah Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. /Dok. BNPB Indonesia.

MEDIA EMITEN  – Tanah longsor di wilayah Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, kembali terjadi pada Sabtu malam, 9 Januari 2021, sekitar 19.30 WIB.

Sebelumnya longsor telah terjadi di sekitar kawasan tersebut pada pukul 16.00 waktu setempat. 

Longsoran pertama dipicu curah hujan tinggi  dan kondisi tanah tidak stabil. 

Longsor susulan terjadi pada saat petugas masih melakukan evakuasi korban di sekitar area longsoran pertama. 

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang per Minggu dini hari, 10 Januari 2021 mencatat korban luka 18 jiwa dan meninggal dunia 11. 

Dari jumlah meninggal, Danramil Kecamatan Cimanggung Kapt Inf Setio Pribadi dan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang turut menjadi korban. 

Menurut keterangan tertulis dari BNPB yang diterima redaksi Minggu, 10 Januari 2021, saat itu mereka berada di lokasi untuk merespon longsoran pertama. 

Pages: 1 2 3 4


JAWA

Ini Penjelasan Ilmiah Terkait Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur yang Bikin Geger

Avatar

Published

on

MEDIA EMITEN – Pada Rabu, 20 Januari 2020 jam 16.00 WIB, dilaporkan telah terjadi fenomena angin kencang yang berputar seperti belalai di atas perairan Waduk Gajah Mungkur  Wonogiri. 

Fenomena tersebut dikenal dengan waterspout yang identik dengan fenomena puting beliung tetapi terjadi di atas permukaan air yang luas. 

“Fenomena waterspout terbentuk dari sistem awan cumulonimbus (CB),” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), Guswanto, M.Si, dalm keterangan resmi, Rabu, 20 Januari 2021.

Namun demikian, menurut Guswanto, tidak semua awan CB dapat menimbulkan fenomena tersebut, tergantung pada kondisi labilitas atmosfer. 

Keberadaan awan CB juga dapat mengindikasikan adanya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dan pada kondisi tertentu dapat menimbulkan potensi puting beliung/waterspout.

Guswanto juga Menjelaskan karakteristik fenomena waterspout, sebagai berikut:

Pertama, kejadiannya bersifat lokal.  

Pages: 1 2 3


Continue Reading

JAWA

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Tinjau Lokasi Longsor di Desa Cihanjuang

Avatar

Published

on

Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil meninjau lokasi tanah longsor di Desa Cihanjuang. /Instagram.com/@westjavagov_.

MEDIA EMITEN – Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil meninjau lokasi tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, pada Minggu 7 Januari 2021.

Menurut Ridwan Kamil, BPBD Jabar, BPBD Kabupaten Sumedang, Basarnas dan  TNI/Polri, terus mencari korban longsor yang belum ditemukan. 

“Kami sedang bergerak menolong semoga sehari dua hari selesai, karena areanya tidak terlalu sulit untuk dilakukan pertolongan.”

“Mohon kerja samanya memberikan ruang kepada petugas untuk mengamankan dan secepatnya memberikan pertolongan,” ucapnya. 

Ridwan Kamil meminta, semua pihak untuk waspada bencana longsor susulan karena berdasarkan laporan yang diterima, masih terjadi retakan tanah di sekitar lokasi bencana. 

“Sesuai protokol juga semua masyarakat di radius yang rawan ini sudah dievakuasi ke tempat lebih aman.”

“Ini menjadi peringatan, masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama karena tidak semua lahan layak untuk ditinggali dan tidak bisa dipaksakan. Lahan ini sebenarnya memang rawan untuk ditinggali,” ucapnya.

Pages: 1 2 3


Continue Reading

JAWA

Gubernur Ridwan Kamil Menyatakan Jawa Barat Melarang Perayaan Tahun Baru

Avatar

Published

on

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. /Instagram.com/@westjavagov_.

MEDIA EMITEN – Pemerintah Jawa Barat melarang perayaan tahun baru 2021. Hal itu ditegaskan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Sate, 14 Desember 2020, usai rapat koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Jabar. 

Menurut Kang Emil pelarangan perayaan tahun baru itu atas dasar upaya menghindari potensi penyebaran covid 19.

“Kami sudah putuskan melarang perayaan tahun baru. Intinya untuk menghindari kerumunan, karena dari pengalaman, libur panjang kemarin menyumbang peningkatan kasus covid” katanya.

Kebijakan pelarangan tahun baru itu menurut Kang Emil sudah disepakati juga dengan para Gubernur yang lain. 

Tempat wisata akan tetap dibuka, namun akan ada kebijakan mewajibkan pengunjung menunjukan rapid test.

“Terutama pengunjung dari daerah zona merah, harus menunjukan bukti hasil rapid test anti gen.”

“Kalau di Bali menerapkan swab, sementara kita cukup dengan rapid anti gen” katanya.

Pages: 1 2


Continue Reading

Trending