Connect with us

NASIONAL

Soal Isu Agama Calon Kapolri, DPR Sebut Tidak Ada Aturan Agama Tertentu

Avatar

Published

on

Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid. /dpr.go.id.

MEDIA EMITEN – Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid menegaskan dalam persyaratan kriteria calon Kapolri hendaknya wajib berpedoman kepada Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

Dimana, tidak ada persyaratan bagi calon Kapolri beragama tertentu. Jazilul mengungkapkan, syarat yang ada hanyalah calon Kapolri tersebut adalah perwira tinggi dengan memperhatikan jenjang karier dan kepangkatan.

Adapun, hal-hal yang berkaitan agama tertentu tidak diatur dalam UU Kepolisian. Pemaparan tersebut disampaikan Jazilul saat menjadi narasumber secara virtual dalam diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema “Siapa Calon Kapolri Pilihan Jokowi?” yang digelar secara fisik dan daring di Media Center DPR RI, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis 26 November 2020. Turut hadir, Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim.

“Tentu, kita wajib hanya berpedoman secara formal kepada UU Nomor 2 Tahun 2002 bahwa calon Kapolri tidak wajib dipersyaratkan agama tertentu.”

“Namun, yang ada hanyalah syarat perwira tinggi dengan memperhatikan jenjang karier dan kepangkatannya. Pancasila sudah final terkait dengan asal-usul identitas, suku, agama dan lain-lain maka mari dalam kriteria calon Kapolri hanya berpedoman kepada UU Nomor 2 Tahun 2002. Kita satu dalam bingkai NKRI,” ujar Jazilul.

Lebih lanjut, politisi F-PKB itu kembali menyatakan bahwa berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2002  Pasal 11 Ayat 6 secara prinsip bahwa calon Kapolri hanya berdasarkan usulan dari Presiden. 

Yakni, calon Kapolri harus perwira tinggi yang masih aktif dengan memperhatikan kepangkatan dan jenjangnya. 

Pages: 1 2


NASIONAL

Bansos, Insentif, hingga Vaksinasi Jadi Upaya Pemerintah Tangani Pandemi

Avatar

Published

on

Presiden Joko Widodo saat menjadi pembicara kunci dalam Kompas100 CEO Forum Tahun 2021. /Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden.

MEDIA EMITEN – Presiden Joko Widodo memastikan bahwa bantuan sosial dan sejumlah insentif lain bagi masyarakat terdampak pandemi serta para pelaku UMKM akan terus bergulir di tahun 2021 ini.

Hal tersebut menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam jangka pendek untuk menghadapi masa pandemi Covid-19 sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden saat menjadi pembicara kunci dalam Kompas100 CEO Forum Tahun 2021 pada Kamis, 21 Januari 2021.

“Akan kita teruskan yang berkaitan dengan bantuan sosial untuk yang tidak mampu.”

“Kemudian yang berkaitan dengan bantuan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah entah itu insentif pajak atau bantuan modal darurat,” ujarnya secara virtual dari Istana Negara, Jakarta.

Pemerintah juga akan memberikan perhatian bagi masyarakat yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja melalui salah satu program pemerintah, Kartu Prakerja.

Semua program dan upaya tersebut dimaksudkan untuk menjaga daya beli masyarakat sekaligus membantu meringankan beban yang dirasakan oleh mereka yang terdampak pandemi saat ini.

Sementara dari sisi penanganan kesehatan, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kedisiplinan terhadap protokol kesehatan masih menjadi strategi utama bagi penanganan pandemi yang juga menjadi upaya jangka pendek pemerintah.

Pages: 1 2


Continue Reading

NASIONAL

Profil dan Prestasi Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi, Listyo Sigit Prabowo

Avatar

Published

on

Calon Kapolri, Listyo Sigit Prabowo. /Dok. humas.polri.go.id.

MEDIA EMITEN – Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si secara resmi telah ditetapkan sebagai calon tunggal Kapolri.

Diajukannya nama Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, diusung langsung oleh Presiden RI (Ir. H. Joko Widodo) kepada DPR RI.

Saat ini, ia menjabat sebagai kabareskrim Polri, akan menjalankan uji kepatuhan dan kelayakan di Senayan hari ini.

Ia lahir di Ambon, Maluku pada 5 Mei 1969. Menyelesaikan pendidikan di Akademi Kepolisian pada tahun 1991.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Akademi Kepolisian pada tahun 1991, ia melanjutkan pendidikan master di Universitas Indonesia.

Selama menjabat sebagai Kabareskrim, beliau telah mencetak berbagai prestasi yang terdiri dari, Pengungkapan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK (Novel Baswedan).

Pengungkapan kasus korupsi kondensat PT. Trans Pacific Petrochemical Indonesia (TPPI), Penangkapan buronan Djoko Tjandra, Pengungkapan (Maria Pauline Lumowa), yang merupakan buronan kasus pembobolan bank senilai Rp1,7 triliun, Penetapan 11 tersangka kasus kebakaran gedung Kejaksaan Agung.

Pages: 1 2


Continue Reading

NASIONAL

Gempa M5,0 Kembali Guncang Kabupaten Majene, Berpusat di Darat Kedalaman 10 Km

Avatar

Published

on

Peta Guncangan Gempabumi (Earthquake Shakemap). /Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

MEDIA EMITEN – Gempa dengan kekuatan M5,0 kembali terjadi di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat pada Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 06.32 WIB. 

Gempabumi ini dirasakan di daerah Kabupaten Majene III MMI dan berdasarkan permodelan tidak berpotensi tsunami.

BPBD Kabupaten Majene menginformasikan belum ada laporan terkait dampak gempa yang berpusat di darat 20 km Timur Laut Majene dan berkedalaman 10 km ini. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi. 

Untuk itu BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan. 

BNPB juga mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu. 

Selain itu, bagi yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan untuk selalu waspada dan segera menjauhi pantai apabila merasakan adanya gempa susulan.

Pages: 1 2


Continue Reading

Trending