Connect with us

KORPORASI

Antisipasi Libur Panjang, KAI Tambah Kapasitas Perjalanan Kereta Api

Avatar

Published

on

KAI menambah perjalanan kereta api yang melayani pelanggan sebanyak 13 persen menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama. (Foto: kai121_)

Mediaemiten.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia /KAI (Persero) menambah perjalanan kereta api yang melayani pelanggan sebanyak 13 persen menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober. Penambahan perjalanan KA ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan pada masa libur long weekend tersebut.

“Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, KAI siap melayani pelanggan dengan menambah perjalanan KA. Dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” jelas VP Public Relations KAI, Joni Martinus, Sabtu (24/10/2020).

Jumlah perjalanan KA Jarak Jauh yang melayani pelanggan pada periode 27 Oktober s.d 1 November 2020 sebanyak 505 KA, naik 13 persen dibandingkan pada 20 s.d 25 Oktober sebanyak 448 KA.

KA favorit masyarakat yang dapat dipesan di masa Long Weekend nanti diantaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir pp, KA Argo Parahyangan relasi Bandung – Gambir pp, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Jakarta Kota pp, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen pp, dan berbagai KA lainnya.

Menurut Joni Martinus, peningkatan jumlah perjalanan KA ini secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang KAI sediakan. Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh pada 27 Oktober s.d 1 November 2020 sebanyak 221.193 tempat duduk, naik 13 persen dibandingkan dengan 20 s.d 25 Oktober sebanyak 195.211 tempat duduk.

Tiket KA Long Weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Ia menambahkan, masyarakat juga bisa memperoleh Railpoint dari setiap pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial dengan melakukan registrasi pada aplikasi KAI Access versi terbaru. Selain itu, dengan melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis.

“KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur Long Weekend. Protokol tersebut seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” tegasnya.

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI menyediakan layanan rapid test di 30 stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

Penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar. Sejak dibuka, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut sudah mencapai 190 ribu pelanggan.

Joni mengatakan agar masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI, karena KAI telah dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan. Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui dengan diperolehnya Safe Guard Label SIBV. Ia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi.

“Perjalanan KA libur long weekend ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” tutup Joni. (inf)


KORPORASI

Jasa Raharja Serahkan Santunan Asuransi untuk Pramugari Korban SJ 182

Avatar

Published

on

PT Jasa Raharja Menyerahkan santunan asuransi kepada keluarga korban penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 182. /Instagram.com/@pt_jasaraharja.

MEDIA EMITEN – PT Jasa Raharja pada Senin, 18 Januari 2021, melaksanakan penyerahan santunan asuransi kepada salah satu keluarga korban penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang telah teridentifikasi.

Penyerahan santunan terhadap korban Oke Dhurrotul Jannah yang merupakan salah satu pramugari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dilakukan secara langsung oleh Kepala Cabang Utama PT Jasa Raharja cabang Jawa Barat, Hendri Afrizal kepada ahli waris ibu kandung

Ibu Lia Dorujatul Aliyah bertempat di rumah kediaman almarhumah di wilayah Kab. Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat dan dihadiri oleh pihak Maskapai Sriwijaya Air dan Utusan dari Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Barat.

Adapun besaran santunan untuk korban Meninggal Dunia adalah sebesar Rp50 Juta sesuai Peraturan Menteri Keuangan RI No.15 Tahun 2017. Santunan tersebut ditransfer langsung ke rekening ahli waris dalam bentuk buku tabungan Bank Rakyat Indonesia.

Kepala Cabang Utama PT Jasa Raharja cabang Jawa Barat, Hendri Afrizal menjelaskan, penyelesaian Santunan Asuransi dari Jasa Raharja dapat dilaksanakan kurang dari 24 jam sejak pengumuman teridentifikasi oleh Tim DVI Polri, hal ini berkat kerja sama dan dukungan dari mitra terkait yaitu pihak maskapai Sriwijaya Air, Tim DVI Mabes Polri, Tim Basarnas, Tim Kementerian Perhubungan, Dukcapil, Aparat Kecamatan dan Keluarga Korban, serta pihak pihak lain yang membantu proses kelengkapan dokumen.

“Penyerahan santunan dengan cepat ini merupakan komitmen Jasa Raharja untuk memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat dan tepat sebagai wujud Negara hadir bagi korban kecelakaan lalu lintas dan alat angkutan penumpang umum,” ujarnya, Senin 18 Januari 2021.

Sesuai pengumuman Tim DVI Mabes Polri pada 17 Januari 2021 terhadap identifikasi penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 182 terdapat tambahan 5 (lima) korban yang sudah teridentifikasi. Sehingga jumlah sudah teridentifikasi menjadi 29 orang dan salah satunya adalah Oke Dhurrotul Jannah.

Pages: 1 2


Continue Reading

KORPORASI

Mulai 14 Januari, Bio Farma Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Setahun

Avatar

Published

on

Vasin Sinovac. /Instagram.com/@sinovaccoronavac.

MEDIA EMITEN – Pengiriman pertama 15 juta bulk atau bahan baku vaksin Sinovac sudah tiba di Tanah Air pada Selasa 12 Januari 2021 siang. 

Vaksin tersebut selanjutnya dibawa ke Bandung untuk diproduksi oleh Bio Farma mulai 14 Januari 2021 mendatang.

“Bahan baku akan dikirim ke Bandung dan di proses produksi Bio Farma. Proses produksi akan dimulai pada Kamis, 14 Januari 2021 dan akan mulai didistribusikan pada Februari,” ungkap Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa 12 Januari 2021.

Honesti menargetkan kapasitas produksi vaksin Covid-19 dalam setahun sebanyak 250 juta dosis. Menurut dia, Bio Farma sudah mengamankan bahan baku total 140 juta dosis, 

dengan tambahan 120 juta dosis seandainya nanti masih ada kebutuhan suplai.

“Opsi tambahan ini sebanyak 120 juta sudah diamankan, mengingat kebutuhan vaksinasi yang besar untuk mencapai tujuan herd immunity,” jelasnya.

Dari keseluruhan bahan baku sebanyak 140 juta dosis, akan ada tambahan 10 persen dari Sinovac. 

Pages: 1 2


Continue Reading

KORPORASI

Garuda Indonesia Mulai Layani Penerbangan Makassar – Manokwari – Sorong

Avatar

Published

on

PT Garuda Indonesia Tbk adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. /Instagram.com/@garuda.indonesia.

MEDIA EMITEN – Maskapai Nasional Garuda Indonesia, mulai tanggal 8 Desember 2020, resmi melayani rute penerbangan Makassar – Manokwari – Sorong sebanyak 2 (dua) kali dalam seminggu, yakni setiap hari Selasa dan Minggu dengan menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000.

“Peluncuran rute penerbangan ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Perusahaan dalam memberikan kemudahan dan ragam pilihan aksesibilitas masyarakat ke berbagai destinasi pariwisata nasional maupun kawasan ekonomi baru  ke wilayah Timur Indonesia, khususnya Manokwari sebagai ibukota Provinsi Papua Barat yang dikenal dengan keindahan bawah lautnya maupun Sorong sebagai pintu masuk salah satu destinasi wisata unggulan di Papua Barat.” Ujar  Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

“Pengoperasian rute baru ini juga diharapkan mampu semakin memperluas jaringan konektivitas antar wilayah Papua sehingga dapat mendukung pergerakan perekonomian daerahyang  kedepannya diharapkan dapat mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional”, papar Irfan. 

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan  mengungkapkan rasa terima  kasih  dan  antusiasmenya terhadap Garuda Indonesia yang telah membuka layanan  penerbangan  menuju Manokwari dari Makassar dan Sorong. 

Hal  ini  sejalan  dengan salah  satu  visi  dari  Provinsi Papua Barat  yang  ingin  mengembangkan  potensi pariwisata untuk menarik  wisatawan loKal  maupun  mancanegara. 

Dibukanya  rute ini juga memudahkan  aksesbilitas  penerbangan intra papua. 

“Upaya pengembangan jaringan penerbangan senantiasa akan kami selaraskan dengan implementasi protokol kesehatan yang kami laksanakan secara konsisten pada seluruh touch point layanan penerbangan.”

Pages: 1 2


Continue Reading

Trending