Connect with us

KORPORASI

PT Garuda Maintenance Facility dan PT Dirgantara Indonesia Jalin Kerjasama 

Avatar

Published

on

Penandatangan Nota Kesepahaman PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia dengan PT Dirgantara Indonesia. (Foto : Instagram @officialptdi)

Mediaemiten.com, Bandung – PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk, (GMF) dan PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) sepakat menjalin kerjasama dalam  hal services dan pengembangan sumber daya manusia. 

Bertempat di Hangar 4 GMF, PTDI dan GMF menyepakati Nota Kesepahaman yang ruang lingkupnya meliputi kerja sama perawatan pesawat terbang, kerja sama engineering services dan modifikasi pesawat terbang, pengerjaan services/repair komponen pesawat terbang, pengembangan sumber daya manusia di bidang kedirgantaraan, pemanfaatan fasilitas, sarana, dan prasana yang dimiliki, dan kerja sama pengadaan material/part serta pemanfaatan stok yang dimiliki.

Kerja sama yang dijajaki dan dijalin kemudian ini diharapkan dapat menjadi kolaborasi strategis antara GMF dan PTDI guna mendukung percepatan pemulihan industri penerbangan tanah air di kala pandemi ini. GMF dan PTDI  telah diamanahkan oleh Pemerintah Negara Republik Indonesia untuk bersinergi guna memperkuat industri pertahanan nasional. Hal ini diwujudkan dalam sebuah kolaborasi modernisasi pesawat C-130H yang diharapkan dapat menjadi project di mana ke dua perusahaan mampu mengombinasikan kapabilitas masing-masing.

Dalam sambutannya, Direktur Utama GMF, I Wayan Susena, menyampaikan kerjasama ini sekaligus membuka peluang bagi kita untuk saling memanfaatkan kemampuan dan kapabilitas masing-masing agar tercipta sebuah ekosistem dunia penerbangan yang lebih kompleks. 

“Sebuah kesempatan yang memfasilitasi kita untuk meraup pasar lebih besar secara lebih efisien, dengan menghindari terjadinya double capability & double investment,” katanya, Rabu (26/8/2020).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI, Gita Amperiawan, menyampaikan sambutan hangat atas kerja sama yang akan dijalin. 

“Kami percaya kerja sama ini akan mampu membawa PTDI  dan GMF memenuhi harapan pemerintah. Mari rebut peluang domestik dan global dengan memaksimalkan potensi putra bangsa”, ungkap Gita.

Nota Kesepahaman yang ditandatangani kali ini direncanakan menjadi awal lahirnya kerja sama selanjutnya yang diharapkan dapat memperdalam sektor bisnis dan capability yang dapat digarap bersama. Potensi jangka panjang dari kerja sama GMF dan PTDI juga diharapkan dapat membuka peluang untuk menggandeng partner-partner lain agar dapat memperluas cakupan bisnis serta memperkuat dominasi pasar domestik maupun internasional. (jbr)


KORPORASI

Antisipasi Libur Panjang, KAI Tambah Kapasitas Perjalanan Kereta Api

Avatar

Published

on

KAI menambah perjalanan kereta api yang melayani pelanggan sebanyak 13 persen menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama. (Foto: kai121_)

Mediaemiten.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia /KAI (Persero) menambah perjalanan kereta api yang melayani pelanggan sebanyak 13 persen menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober. Penambahan perjalanan KA ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan pada masa libur long weekend tersebut.

“Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, KAI siap melayani pelanggan dengan menambah perjalanan KA. Dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” jelas VP Public Relations KAI, Joni Martinus, Sabtu (24/10/2020).

Jumlah perjalanan KA Jarak Jauh yang melayani pelanggan pada periode 27 Oktober s.d 1 November 2020 sebanyak 505 KA, naik 13 persen dibandingkan pada 20 s.d 25 Oktober sebanyak 448 KA.

KA favorit masyarakat yang dapat dipesan di masa Long Weekend nanti diantaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir pp, KA Argo Parahyangan relasi Bandung – Gambir pp, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Jakarta Kota pp, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen pp, dan berbagai KA lainnya.

Menurut Joni Martinus, peningkatan jumlah perjalanan KA ini secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang KAI sediakan. Jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh pada 27 Oktober s.d 1 November 2020 sebanyak 221.193 tempat duduk, naik 13 persen dibandingkan dengan 20 s.d 25 Oktober sebanyak 195.211 tempat duduk.

Tiket KA Long Weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Ia menambahkan, masyarakat juga bisa memperoleh Railpoint dari setiap pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial dengan melakukan registrasi pada aplikasi KAI Access versi terbaru. Selain itu, dengan melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis.

“KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur Long Weekend. Protokol tersebut seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia,” tegasnya.

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI menyediakan layanan rapid test di 30 stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

Penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar. Sejak dibuka, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut sudah mencapai 190 ribu pelanggan.

Joni mengatakan agar masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI, karena KAI telah dispilin dalam menerapkan protokol kesehatan. Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui dengan diperolehnya Safe Guard Label SIBV. Ia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi.

“Perjalanan KA libur long weekend ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” tutup Joni. (inf)


Continue Reading

KORPORASI

Menteri BUMN Rombak Jajaran Direksi Perum Bulog

Avatar

Published

on

Menteri BUMN Erick Thohir (Foto : Instagram @kementerianbumn)

Mediaemiten.com, Jakarta – Kementerian BUMN merubah jajaran direksi Perum BULOG melalui penyerahan Salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-341/MBU/10/2020 tentang Pemberhentian dan pengangkatan anggota-anggota Direksi Perusahaan Umum (Perum) BULOG.

Penyerahan dan pembacaan Salinan dilakukan oleh Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Imam Paryanto dan dihadiri oleh Direksi Perum BULOG secara daring, Rabu (21/10/2020).

Dalam salinan keputusan tersebut, Menteri BUMN selaku wakil pemerintah sebagai pemilik modal Perum BULOG memberhentikan dengan hormat Tri Wahyudi Saleh sebagai Direktur Operasional dan Pelayanan Publik, Triyana sebagai Direktur Keuangan, Bachtiar Utomo sebagai Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri, Mansur sebagai Direktur Komersial, dan Wibisono Poespitohadi sebagai Direktur Pengadaan.

Selanjutnya dalam salinan tersebut, Menteri BUMN mengangkat Mokhamad Suyamto sebagai Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik, Febby Novita sebagai Direktur Bisnis, Purnomo Sinar Hadi sebagai direktur Human Capital dan Bagya Mulyanto sebelumnya menjabat sebagai Direktur SDM dan Umum dialihtugaskan menjadi Direktur Keuangan.

Dengan demikian, susunan Direksi Perusahaan Umum (Perum) BULOG adalah sebagai berikut:

1. Budi Waseso sebagai Direktur Utama

2. Gatot Trihargo sebagai Wakil Direktur Utama

3. Bagya Mulyanto sebagai Direktur Keuangan

4. Mokhamad Suyamto sebagai Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik

5. Febby Novita sebagai Direktur Bisnis

6. Purnomo Sinar Hadi sebagai Direktur Human Capital

Sekretaris Perusahaan Perum BULOG Awaludin Iqbal dalam keterangannya menyampaikan bahwa SK pergantian Direksi tersebut dibacakan pada Rabu (21/03) melalui Zoom Meeting oleh Kementerian BUMN. “Kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi Bapak Tri Wahyudi Saleh, Bapak Mansur, Bapak Bachtiar Utomo, Bapak Triyana dan Bapak Wibisono Poespitohadi yang sudah memberikan dedikasi luar biasa kepada Perum BULOG selama ini. Tidak lupa kami mengucapkan selamat kepada Ibu Febby Novita, Bapak Mokhamad Suyamto dan Bapak Purnomo Sinar Hadi yang bergabung dengan kami, kiranya akan semakin memperkuat jajaran Direksi Perum BULOG dalam mengakselerasi dan mencapai target kinerja yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Awaludin Iqbal menambahkan bahwa ada perubahan nomenklatur jabatan yang sebelumnya Direktur Operasional dan Pelayanan Publik berubah menjadi Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik (penggabungan Direktorat Pengadaan dan Direktorat Operasional Pelayanan Publik), Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri menjadi Direktur Bisnis (Penggabungan Direktorat Komersial dan Direktorat Pengembangan Bisnis dan Industri), Direktur SDM dan Umum menjadi Direktur Human Capital.

“Selain ada perubahan nomenklatur juga jumlah direksi di BULOG sekarang berubah dari delapan menjadi enam orang. Jadi perubahan nomenklatur direksi tersebut juga merampingkan jumlah direksi di Perum BULOG,” tambah Iqbal. (inf)


Continue Reading

KORPORASI

Bukit Asam Salurkan CSR Rp 60 Miliar hingga Agustus 2020

Avatar

Published

on

PT Bukit Asam Tbk. (Foto : ptba.co.id)

Mediaemiten.com, Palembang   – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyalurkan dana tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (CSR) senilai Rp60 miliar hingga Agustus 2020 yang direalisasikan dalam Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Sekretaris Perusahaan PTBA Apollonius Andwie C, Kamis, mengatakan pelaksanaan penyaluran PKBL ini sesuai dengan Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor: PER-09-MBU/07/2015 tanggal 3 Juli 2015 tentang program kemitraan dan program bina lingkungan Badan Usaha Milik Negara, sebagaimana diubah terakhir dengan peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-02-MBU/04/2020 tanggal 2 April 2020.

“Sesuai dengan amanat tersebut, kami merealisasikan program kemitraan dengan cara membantu pinjaman modal ke 166 unit usaha kecil, bernilai total Rp7,6 miliar,” kata dia.

Sektor usaha yang mendapatkan bantuan dari PTBA meliputi industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa dan lainnya.

Sementara, untuk program bina lingkungan disalurkan untuk program bantuan korban bencana alam, pendidikan atau pelatihan, peningkatan kesehatan masyarakat, pengembangan prasarana dan atau sarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam, sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Adapun rincian realisasi dana penyaluran PKBL itu, bencana alam Rp15,16 miliar, pendidikan dan pelatihan Rp9,65 miliar, kesehatan masyarakat Rp1,97 miliar, sarana dan prasarana umum Rp10,7 miliar, sarana ibadah Rp3,6 miliar, pelestarian alam Rp598 juta, sosial masyarakat Rp10,7 miliar.

Diantara penyaluran dana PKBL tersebut, senilai Rp15,3 miliar disalurkan PTBA untuk kegiatan tanggap COVID-19, berupa pemberian bantuan alat kesehatan, bantuan langsung ke masyarakat maupun komunitas, sarana dan prasarana untuk mendukung protokol kesehatan, sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19, dan lainnya.

Ia menambahkna, bantuan ke masyarakat ini tidak hanya bagi warga sekitar area pertambangan PTBA yang berada di Kabupaten Muara Enim, Kota Lahat, dan Prabumulih, namun juga menyasar warga provinsi lain Sumatera melalui Penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bina Lingkungan Insidentil.

Secara aktif sampai saat ini, PTBA terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19, mulai dari membiasakan cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, etika saat batuk, dan lainnya. (ant)


Continue Reading

Trending