Connect with us

KORPORASI

Kookmin Bank Sangat Berambisi Ambil Alih Bank Bukopin, Ini Alasannya

Avatar

Published

on

Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A Purwantono. (Foto : Instagram @bukopinsiaga)

Mediaemiten.com, Surabaya – KB Kookmin Bank (“KB”) berambisi menjadi pemegang saham pengendali tunggal dengan porsi kepemilikan 67% saham PT Bank Bukopin Tbk (“BANK BUKOPIN”).

Menurut Rivan A Purwantono Direktur Utama Bank Bukopin, dengan suntikan modal yang telah diberikan lebih dari USD200 Juta sesuai dengan non-preemptive private placement dan tambahan USD400 Juta diharapkan dapat memperkuat likuiditas Bank Bukopin. 

“Oleh karena itu, keputusan para pemegang saham dalam RUPSLB yang akan diadakan pada tanggal 25 Agustus 2020 harus berhasil disahkan dengan dukungan pemegang saham minoritas yang kuat,” ungkap Rivan A Purwantono, Senin (24/8/2020).

Ia melanjutkan Bank Bukopin tetap menjaga kinerja pada posisi positif. Selain itu, Bank Bukopin juga baru-baru ini menjadi sasaran isu negatif yang menyebabkan kepanikan bagi nasabah. 

Dengan latar belakang tersebut, KB bertekad untuk melakukan transformasi di Bank Bukopin untuk menjadi salah satu Bank yang dapat tumbuh berkelanjutan dan memiliki nilai tambah bagi perekonomian Nasional. 

“Rencana KB Kookmin Bank Untuk Merealisasikan Transformasi Bagi Bank Bukopin, Pertama, Bank Bukopin akan sangat selektif dalam mencari pasar untuk bersaing, tetap fokus pada hal yang paling relevan dan sesuai dengan fokus bisnis, yaitu segmen Ritel, terutama UMKM, Koperasi dan Komunitas pelaku bisnis Indonesia-Korea, melalui penerapan standar disiplin sesuai manajemen risiko,” urainya.

Selain fokus pada sektor UMKM, Rivan A. Purwantono mengatakan kerjasama antara Kookmin dan Bukopin juga dapat dilakukan untuk peningkatan layanan pada pengajuan KPR, apalagi sektor ini merupakan spesialisasi dari Kookmin.

Menurutnya, dapat dilakukan percepatan dalam proses investigasi atau penilaian aset calon debitur dalam satu jam, dari data base yang dibangun sehingga pengajuan pun bisa lebih cepat prosesnya. 

“Dengan penambahan investasi KB di berbagai aspek, transformasi manajemen dan Perseroan dapat lebih cepat, sehingga mampu melayani nasabah dengan lebih baik lagi,” paparnya.

Selain itu, ntuk melayani pelanggan dengan memberikan solusi terbaik, Bank Bukopin akan meningkatkan ciri khasnya dalam segmen bisnisnya, yaitu Ritel, melalui penawaran yang lebih berpusat pada Nasabah. Model bisnis dan operasinya akan disesuaikan secara khusus untuk segmen pasar yang sesuai dengan segmen bisnis Bank Bukopin. (rad)


KORPORASI

Menteri BUMN Rombak Jajaran Direksi Perum Bulog

Avatar

Published

on

Menteri BUMN Erick Thohir (Foto : Instagram @kementerianbumn)

Mediaemiten.com, Jakarta – Kementerian BUMN merubah jajaran direksi Perum BULOG melalui penyerahan Salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-341/MBU/10/2020 tentang Pemberhentian dan pengangkatan anggota-anggota Direksi Perusahaan Umum (Perum) BULOG.

Penyerahan dan pembacaan Salinan dilakukan oleh Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Imam Paryanto dan dihadiri oleh Direksi Perum BULOG secara daring, Rabu (21/10/2020).

Dalam salinan keputusan tersebut, Menteri BUMN selaku wakil pemerintah sebagai pemilik modal Perum BULOG memberhentikan dengan hormat Tri Wahyudi Saleh sebagai Direktur Operasional dan Pelayanan Publik, Triyana sebagai Direktur Keuangan, Bachtiar Utomo sebagai Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri, Mansur sebagai Direktur Komersial, dan Wibisono Poespitohadi sebagai Direktur Pengadaan.

Selanjutnya dalam salinan tersebut, Menteri BUMN mengangkat Mokhamad Suyamto sebagai Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik, Febby Novita sebagai Direktur Bisnis, Purnomo Sinar Hadi sebagai direktur Human Capital dan Bagya Mulyanto sebelumnya menjabat sebagai Direktur SDM dan Umum dialihtugaskan menjadi Direktur Keuangan.

Dengan demikian, susunan Direksi Perusahaan Umum (Perum) BULOG adalah sebagai berikut:

1. Budi Waseso sebagai Direktur Utama

2. Gatot Trihargo sebagai Wakil Direktur Utama

3. Bagya Mulyanto sebagai Direktur Keuangan

4. Mokhamad Suyamto sebagai Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik

5. Febby Novita sebagai Direktur Bisnis

6. Purnomo Sinar Hadi sebagai Direktur Human Capital

Sekretaris Perusahaan Perum BULOG Awaludin Iqbal dalam keterangannya menyampaikan bahwa SK pergantian Direksi tersebut dibacakan pada Rabu (21/03) melalui Zoom Meeting oleh Kementerian BUMN. “Kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi Bapak Tri Wahyudi Saleh, Bapak Mansur, Bapak Bachtiar Utomo, Bapak Triyana dan Bapak Wibisono Poespitohadi yang sudah memberikan dedikasi luar biasa kepada Perum BULOG selama ini. Tidak lupa kami mengucapkan selamat kepada Ibu Febby Novita, Bapak Mokhamad Suyamto dan Bapak Purnomo Sinar Hadi yang bergabung dengan kami, kiranya akan semakin memperkuat jajaran Direksi Perum BULOG dalam mengakselerasi dan mencapai target kinerja yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Awaludin Iqbal menambahkan bahwa ada perubahan nomenklatur jabatan yang sebelumnya Direktur Operasional dan Pelayanan Publik berubah menjadi Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik (penggabungan Direktorat Pengadaan dan Direktorat Operasional Pelayanan Publik), Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri menjadi Direktur Bisnis (Penggabungan Direktorat Komersial dan Direktorat Pengembangan Bisnis dan Industri), Direktur SDM dan Umum menjadi Direktur Human Capital.

“Selain ada perubahan nomenklatur juga jumlah direksi di BULOG sekarang berubah dari delapan menjadi enam orang. Jadi perubahan nomenklatur direksi tersebut juga merampingkan jumlah direksi di Perum BULOG,” tambah Iqbal. (inf)


Continue Reading

KORPORASI

Bukit Asam Salurkan CSR Rp 60 Miliar hingga Agustus 2020

Avatar

Published

on

PT Bukit Asam Tbk. (Foto : ptba.co.id)

Mediaemiten.com, Palembang   – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyalurkan dana tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (CSR) senilai Rp60 miliar hingga Agustus 2020 yang direalisasikan dalam Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Sekretaris Perusahaan PTBA Apollonius Andwie C, Kamis, mengatakan pelaksanaan penyaluran PKBL ini sesuai dengan Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor: PER-09-MBU/07/2015 tanggal 3 Juli 2015 tentang program kemitraan dan program bina lingkungan Badan Usaha Milik Negara, sebagaimana diubah terakhir dengan peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-02-MBU/04/2020 tanggal 2 April 2020.

“Sesuai dengan amanat tersebut, kami merealisasikan program kemitraan dengan cara membantu pinjaman modal ke 166 unit usaha kecil, bernilai total Rp7,6 miliar,” kata dia.

Sektor usaha yang mendapatkan bantuan dari PTBA meliputi industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa dan lainnya.

Sementara, untuk program bina lingkungan disalurkan untuk program bantuan korban bencana alam, pendidikan atau pelatihan, peningkatan kesehatan masyarakat, pengembangan prasarana dan atau sarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam, sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Adapun rincian realisasi dana penyaluran PKBL itu, bencana alam Rp15,16 miliar, pendidikan dan pelatihan Rp9,65 miliar, kesehatan masyarakat Rp1,97 miliar, sarana dan prasarana umum Rp10,7 miliar, sarana ibadah Rp3,6 miliar, pelestarian alam Rp598 juta, sosial masyarakat Rp10,7 miliar.

Diantara penyaluran dana PKBL tersebut, senilai Rp15,3 miliar disalurkan PTBA untuk kegiatan tanggap COVID-19, berupa pemberian bantuan alat kesehatan, bantuan langsung ke masyarakat maupun komunitas, sarana dan prasarana untuk mendukung protokol kesehatan, sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19, dan lainnya.

Ia menambahkna, bantuan ke masyarakat ini tidak hanya bagi warga sekitar area pertambangan PTBA yang berada di Kabupaten Muara Enim, Kota Lahat, dan Prabumulih, namun juga menyasar warga provinsi lain Sumatera melalui Penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bina Lingkungan Insidentil.

Secara aktif sampai saat ini, PTBA terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19, mulai dari membiasakan cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, etika saat batuk, dan lainnya. (ant)


Continue Reading

KORPORASI

PLN Borong Penghargaan di BUMN Marketeers Award 2020

Avatar

Published

on

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto : Instagram @kementerianbumn)

Mediaemiten.com, Jakata – PLN meraih tiga penghargaan dalam ajang BUMN Marketeers Award 2020. Adapun tiga kategori tersebut yaitu Gold Winner untuk “The Most Promising Company in Branding Campaign”, Silver Winner untuk “The Most Promising Company in Entrepreneurial SOEs”, dan Bronze untuk “The Most Promising Company Marketing 3.0”. 

Penghargaan ini digelar oleh Markplus.Inc sebagai rangkaian kegiatan “Jakarta Marketing Week” 2020” secara daring, Rabu (16/9/2020).

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak hanya ditugaskan untuk mencari keuntungan, namun juga diberi tugas untuk mengabdi dengan memberikan kontribusi nyata bagi kepada kehidupan bangsa.

Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam sambutannya menyampaikan bahwa BUMN merupakan ujung tombak yang membantu pemerintah dalam menghadapi Covid-19.

“Sejak Maret 2020, bangsa Indonesia menghadapi tantangan yang berat, Covid-19. BUMN Indonesia sebagai salah satu pilar pembangunan Indonesia harus menunjukan kreatifitas, inovasi, enterpreneurship dan leadership untuk membantu mengatasi dampak kesehatan dan ekonomi. Ajang ini mendorong BUMN memacu kreatifitas, inovasi, enterpreneurship dan leadership untuk mencapai kinerja BUMN lebih tinggi dari tahun ke tahun,” ucap Erick.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas upaya PLN untuk terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

“Terima kasih atas apresiasi ini. Hari ini, kami sedang bertransformasi, menekankan 4 pilar yaitu Lean, Green, Innovative dan Customer Focused, PLN saat ini sedang bertransformasi untuk menghadirkan layanan terbaik kepada pelanggan,” ujar Bob Saril.

Selain 3 kategori tersebut, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril juga menjadi Finalis Special Mention Chief Marketing Officer of The Year 2020 Kategori “Entrepreneurial SOEs”. Tidak hanya itu, Direktur Human Capital dan Management PLN, Syovfi F. Roekman dan Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly juga dinobatkan sebagai Dewi BUMN atas perannya sebaga wanita dalam memajukan perusahaan BUMN.

Penyelenggaran BUMN Marketers Awards tahun ini merupakan gelaran yang ke-8. Mengangkat tema “Seize the New Normal Momentum, New – Next – Post”, ajang ini mendorong berbagai perusahaan untuk terus inovasi, kreatif, inovatif dan entreprenurial dalam menghasilkan solusi untuk bangkit dari pandemi Covid-19. 

Proses seleksi berlangsung dari Agustus hingga September 2020 diikuti oleh berbagai perusahaan BUMN dan Anak Perusahaannya. Penilaian secara keseluruhan dilakukan langsung oleh para juri dari Indonesia Marketing Association (IMA). (jbr)


Continue Reading

Trending