Connect with us

EKONOMI

Bursa Efek Indonesia Sebut Pasar Sepekan Masih Ditutup Positif

Avatar

Published

on

PT Bursa Efek Indonesia. (Foto : idx.co.id)

Mediaemiten.com, Jakarta – Pergerakan positif Pasar Modal Indonesia masih berlanjut, hal tersebut ditunjukkan oleh data perdagangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) selama sepekan pada periode 20 Juli – 24 Juli 2020. Peningkatan tertinggi terjadi pada rata-rata volume transaksi harian bursa sebesar 23,56 persen menjadi 10,529 miliar unit saham dibandingkan pekan lalu sebesar 8,521 miliar unit saham. Kemudian peningkatan turut dialami oleh rata-rata nilai transaksi harian bursa sebesar 20,62 persen atau menjadi Rp8,375 triliun dari Rp6,943 triliun pada penutupan pekan lalu. Peningkatan selanjutnya terdapat pada rata-rata frekuensi transaksi harian bursa yang meningkat sebesar 18,29 persen menjadi 714.973 ribu kali transaksi dibandingkan pekan lalu sebesar 604.425 ribu kali transaksi. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turut mengalami peningkatan sebesar 0,07 persen atau berada pada level 5.082,991 dari level 5.079,585 pada pekan sebelumnya. Senada dengan IHSG, nilai kapitalisasi pasar bursa juga mengalami peningkatan sebesar 0,09 persen menjadi Rp5.890,664 triliun dari Rp5.885,438 pada pekan lalu.

Investor asing pada hari ini mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp739,71 miliar, sedangkan sepanjang tahun 2020, jual bersih asing tercatat sebesar Rp18,373 triliun.

Pada pekan ini tepatnya Senin (20/7/2020) dilaksanakan Seremoni Pencatatan Perdana Saham secara virtual dari Perusahaan Tercatat ke-33 di BEI pada tahun 2020, yaitu PT Prima Globalindo Logistik Tbk dengan kode saham PPGL dan tercatat pada Papan Akselerasi BEI. PPGL masuk ke dalam sektor InfrastructureUtilities and Transportation dengan subsektor Transportation.

BEI mencatatkan 3 (tiga) Obligasi Berkelanjutan dalam sepekan, diawali pada Senin (20/7) PT Sinar Mas Multifinance resmi menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II Sinar Mas Multifinance Tahap I Tahun 2020 dengan nilai nominal sebesar Rp708.300.000.000. PT Kredit Rating Indonesia memberikan pemeringkatan idA+ (Single A Plus) dan PT Bank Bukopin bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini. Kemudian pada Rabu (22/7) PT Lautan Luas Tbk menerbitkan Obligasi Berkelanjutan III Lautan Luas Tahap I Tahun 2020 dengan nilai nominal sebesar Rp286.750.000.000. PT Pemeringkatan Efek Indonesia (PEFINDO) memberikan pemeringkatan idA- (Single A Minus) dan PT Bank Mega Tbk bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini. Selanjutnya, masih pada hari yang sama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II Sarana Multi Infrastruktur Tahap IV Tahun 2020 dengan nilai nominal sebesar Rp1.536.300.000.000. PEFINDO memberikan pemeringkatan idAAA (Triple A) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini.

Total emisi Obligasi dan Sukuk yang telah tercatat di BEI sepanjang tahun 2020 adalah 43 Emisi dari 30 Perusahaan Tercatat senilai Rp36,19 triliun. Total emisi Obligasi dan Sukuk yang tercatat di BEI sampai dengan saat ini berjumlah 432 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp421,48 Triliun dan USD47,5 juta, diterbitkan oleh 118 Perusahaan Tercatat. Surat Berharga Negara (SBN) tercatat di BEI berjumlah 96 seri dengan nilai nominal Rp3.169,53 triliun dan USD400 juta. Efek Beragun Aset (EBA) sebanyak 11 emisi senilai Rp8,84 triliun. (idx)


EKONOMI

Dukung UKM yang Belum Bankable, OJK Luncurkan Securities Crowdfunding

Avatar

Published

on

Acara pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia 2021. /Instagram.com/@wimboh.ojk.

MEDIA EMITEN – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso secara resmi meluncurkan produk Penawaran Efek melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi.

Layanan ini dikenal dengan Securities Crowdfunding/SCF yang diresmikan berbarengan dengan pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia 2021.

Hadirnya SCF, menurut Wimboh akan berperan untuk meningkatkan pendalaman pasar modal di masyarakat karena memberikan alternatif sumber pendanaan.

“Yang cepat, mudah, dan murah bagi kalangan generasi muda dan UKM yang belum bankable untuk mengembangkan usahanya, khususnya UKM mitra Pemerintah,” katanya.

Ke depan, dengan berkolaborasi dengan Pemerintah, SCF akan menyediakan pendanaan bagi UKM penyedia barang dan jasa Pemerintah yang potensinya cukup besar. 

Dikutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan, Rabu, 6 Januari 2020, saat ini pengadaan elektronik Pemerintah yang melibatkan UKM tercatat sekitar Rp74 triliun dengan melibatkan sekitar 160 ribu UKM.

Dalam POJK Nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding) disebutkan bahwa regulasi ini memberikan kemudahan bagi UKM.

Pages: 1 2


Continue Reading

EKONOMI

Mulai 1 Januari 2020, Pemerintah Akhirnya Naikkan Tarif Iuran BPJS Kesehatan

Avatar

Published

on

Ilustrasi Kartu BPJS Kesehatan. /Dok Media Apakabar/Rizal Ariansyah.

MEDIA EMITEN – Pemerintah memutuskan untuk melakukan penyesuaian tarif iuran BPJS Kesehatan mulai awal tahun 2021. 

Tarif penyesuaian jaminan kesehatan masyarakat ini akan mulai berlaku per 1 Januari 2021.

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan 2021 ini tercantum dalam ketentuan Perpres Nomor 64 Tahun 2020. 

Dengan adanya perubahan iuran, pemerintah berharap desifit pada BPJS Kesehatan dapat berkurang.

Berikut daftar iuran yang harus dibayarkan peserta BPJS Kesehatan per 1 Januari 2020 (tarif BPJS Kesehatan 2021).

A. Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan

Iuran BPJS Kesehatan dibayar oleh pemerintah, baik melalui APBN pemerintah daerah maupun APBN pemerintah pusat.

Pages: 1 2 3


Continue Reading

EKONOMI

Presiden Tunjuk Airlangga Hartarto Jadi Ketua Harian Dewan Nasional Keuangan Inklusif

Avatar

Published

on

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. /Instagram.com/@airlanggahartarto_official.

MEDIA EMITEN- Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) menetapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto sebagai Ketua Harian Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI). 

Ketua Harian DNKI memiliki tugas melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada Presiden selaku Ketua DNKI secara berkala setidak-tidaknya 1 (satu) tahun sekali atau sewaktu-waktu apabila diperlukan.

”Sasaran Strategi Nasional Keuangan Inklusif ialah kepada semua segmen masyarakat dengan fokus masyarakat berpendapatan rendah, dan masyarakat lintas kelompok serta pelaku UMKM,” kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, di Jakarta, Minggu, 13 Desember 2020.

Dikutip dari laman resmi Kemenko Perekonomian RI, kebijakan inklusi keuangan sangatl penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama selama pandemi Covid-19. 

“Penyaluran langsung bantuan sosial tunai ke rekening bank penerima, misalnya, membuat manfaat dari realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional dapat segera dirasakan masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku usaha mikro dan kecil,” kata Airlangga.

Sementara terhadap masyarakat di daerah tertinggal, perbatasan dan pulau-pulau terluar, Perpres SNKI baru mewadahi sinergi kebijakan keuangan inklusif antarpemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan akses terhadap layanan keuangan formal secara merata.

Airlangga Hartarto menjelaskan, melalui Pepres SNKI yang baru, akan mendorong penguatan akses permodalan dan dukungan pengembangan untuk Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Pages: 1 2 3 4


Continue Reading

Trending