Connect with us

METROPOLITAN

PPDB 2020, Disdik DKI Jakarta Buka Jalur Zonasi Bina RW Sekolah

Avatar

Published

on

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana. (Foto : beritajakarta.id)

Mediaemiten.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan jalur baru yang dapat meningkatkan persentase penerimaan siswa sebesar 11,11% pada PPDB Tahun Ajaran 2020/2021.

Dalam jumpa pers melalui video conference, Selasa (30/6/2020), Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana mengumumkan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan membuka Jalur Zonasi Bina RW Sekolah untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat bersekolah di sekolah negeri.

Nahdiana menyebut, jalur ini juga untuk mengakomodir siswa yang berada satu RW dengan sekolah untuk bersekolah di sekolah tersebut. “Kami menggunakan data untuk menentukan siapa yang bisa masuk lewat jalur ini, benar-benar dihitung berdasarkan data PPDB tahun ini. Kami juga menambah kursi untuk dapat membuka Jalur ini, sehingga setiap rombel akan menjadi 40 siswa, tidak 36 lagi. Ini pun sudah kami pelajari dan pertimbangkan, bahwa penambahan ini diharapkan tidak akan enurunkan kualitas belajar,” ungkap Nahdiana, seperti dikutip dalam rilis PPID DKI Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Disebutkan, proses seleksi dilakukan dengan cara menyeleksi calon peserta didik baru sesuai dengan domisili yang sama dengan RW sekolah. Jika daya tampung penuh, seleksi berikutnya akan mempertimbangkan usia. Proses pendaftaran untuk Jalur Zonasi Bina RW Sekolah ini dilakukan pada tanggal 4-5 Juli 2020, dan lapor diri pada tanggal 6 Juli 2020. Jika terdapat kuota sisa yang tidak terisi, maka sisa kuota dialihkan ke seleksi tahap akhir.

Lebih lanjut Nahdiana menyampaikan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam melaksanakan PPDB Tahun Ajaran 2020 / 2021. Seluruh aturan yang ditetapkan di DKI Jakarta telah mengacu pada Permendikbud No. 44 Tahun 2019 dan Pergub No. 43 Tahun 2019.

Nahdiana turut menegaskan, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen menyediakan pendidikan untuk seluruh warganya, tidak diskriminatif, tidak hanya terbatas pada mereka yang berprestasi tinggi saja. Mengingat jumlah peminat sekolah negeri di DKI Jakarta yang begitu banyak, sampai dengan saat ini sudah sebanyak 332.000 yang mengajukan akun dalam pendaftaran, maka perlu adanya kebijakan pendidikan yang merata untuk semua.

“Sehingga, perbedaan yang paling nyata pada tahun ini dari PPDB tahun-tahun sebelumnya adalah tidak digunakannya nilai atau prestasi akademik sebagai kriteria Jalur Zonasi, melainkan menggunakan seleksi pembatasan zona, usia, pilihan sekolah, dan waktu mendaftar,” ujar Nahdiana.

Untuk diketahui, sejak 2017, dalam Permendikbud No. 17 Pasal 12 dan 13, sudah dinyatakan bahwa usia menjadi kriteria pada proses seleksi Jalur Zonasi. Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI, Hamid Muhammad, yang juga turut hadir dalam jumpa pers mengungkapkan, usia digunakan sebagai kriteria yang netral, dibandingkan dengan nilai ujian atau prestasi akademik yang dulu selalu digunakan sebagai kriteria yang paling utama. (inf)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

METROPOLITAN

Berani, Dua Pria Konsumsi Ganja di Area TIM Cikini Dibekuk Polisi

Avatar

Published

on

Dua Pria Konsumsi Ganja di Area TIM Cikini Dibekuk Polisi. (Foto : pixabay.com)

Mediaemiten.com, Jakarta – Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya mengamankan dua orang berinisial AS alias Jaligimbal dan RA di sekitar Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, pada Rabu (1/7/2020). Mereka ditangkap terkait kasus penyalahgunaan narkoba.

Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Fery Nur Abdullah menyebut tersangka berinisial AS merupakan salah satu seniman yang sering tampil di kawasan TIM, Jakarta Pusat. Dalam penangkapannya itu, mereka mengaku menggunakan narkotika jenis ganja.

“Kita amankan dua orang dan kita bawa, saat kita mintai keterangan keduanya mengaku menggunakan narkotika jenis ganja di tempat. Selain AS kita juga mengamankan rekannya yakni RA,” ungkap AKBP Fery Nur Abdullah di Polda Metro Jaya, Kamis (9/6/2020).

Selanjutnya, kata Fery, pihaknya juga sudah melakukan tes urine terhadap kedua tersangka. Dari hasil pengecekan, mereka positif menggunakan narkotika jenis ganja.

“Keduanya saat kita lakukan tes urine positif. Dari keterangan yang bersangkutan barang tersebut didapat dari seseorang berinisial RD. Saat ini tim masih memburunya,” jelasnya.

Fery menjelaskan, polisi meminta keduanya untuk menjalani rehabilitasi. Pasalnya, dari tangan mereka tidak ditemukan barang bukti saat penangkapan berlangsung.

“Untuk keduanya kita lakukan rehabilitasi ya,” pungkasnya. (pol)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

METROPOLITAN

KPK Monitor Bansos Covid-19 di DKI Jakarta dan Kemendes PDTT

Avatar

Published

on

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta. (Foto : Instagram @amgentrinov)

Mediaemiten.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan monitoring atas implementasi penyaluran bantuan sosial (bansos) terkait penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Pimpinan KPK Alexander Marwata dan Nurul Ghufron hadir di Balaikota DKI Jakarta mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya. Sedangkan, di Kementerian Desa PDTT, KPK Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango dan Nurul Ghufron, serta Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, diterima oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar beserta jajarannya.

Plt Juru Bicara Pencegahan KPK Ipi Maryati mengatakan, kedua pertemuan tersebut membahas tentang implementasi dan progress penyaluran bansos baik berupa bantuan langsung tunai maupun sembako, kendala yang dihadapi, serta rencana pembangunan database berbasis desa dengan pendekatan yang menyeluruh.

Menurut dia, Pimpinan KPK di depan Gubernur DKI meminta agar pendataan penerima bansos dipadankan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta melakukan koordinasi berkelanjutan dengan instansi pusat dalam pemberian bansos agar penyaluran tepat sasaran.

Dalam paparannya, Gubernur DKI menyampaikan bahwa pemerintahannya telah menyalurkan bansos sebanyak 4 tahap untuk rata-rata 1,1 juta KK pada tiap tahapnya. Pihaknya juga telah melakukan pemadanan data penerima bantuan untuk tahap 1 yang berangkat dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), KJP plus, dan data penerima bantuan lainnya termasuk data usulan RT/RW/Lurah/Camat, kalangan terdampak seperti ojek online dan UMKM, hingga komunitas terdampak seperti pekerja seni, dan lainnya. Selanjutnya, untuk tahap 2 hingga 5, kembali dilakukan pemutakhiran sesuai hasil pendataan.

“KPK mengingatkan agar Pemda selalu bekerja sama dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, khususnya dalam hal penganggaran dan pelaksanaan pengadaan barang/jasa, agar prosesnya akuntabel,” jelas Ipi.

Sementara itu, Menteri Desa PDTT yang menyampaikan bahwa telah dilakukan penyaluran BLT untuk 7,7 juta kepala keluarga (KK) dengan penerima terbanyak merupakan petani, yaitu sebanyak 88%. Sisanya berprofesi pedagang atau pemilik UMKM, nelayan, buruh pabrik dan guru.

Kegiatan yang sama juga telah dilakukan KPK sebelumnya kepada Kementerian Sosial. Hal ini dilakukan KPK sebagai bagian dari pelaksanaan tugas KPK untuk melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara. (kpk)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

METROPOLITAN

Polda Metro Sediakan Pelayanan SIM Keliling di Lima wilayah di Jakarta

Avatar

Published

on

Polda Metro Jaya memfasilitasi layanan keliling untuk perpanjangan SIM di lima lokasi. (Foto : humas.polri.go.id)

Mediaemiten.com, Jakarta – Hari ini layanan digelar di lima lokasi namun ada perubahan lokasi untuk wilayah Jakarta Timur. Yang biasanya digelar di halaman Masjid At – Tin TMII, kali ini dipindahkan ke lokasi lain.

Layanan perpanjangan SIM juga bisa dilakukan di lokasi gerai Samsat di sejumlah tempat di Jadetabek. Perpanjangan SIM bisa dilakukan melalui layanan mobil SIM keliling atau lokasi SIM keliling yang beroperasi di sejumlah wilayah di Jakarta. Perpanjangan SIM pada layanan mobil SIM keliling hanya untuk SIM A biasa dan SIM C dan berlangsung dari pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB.

Berikut ini lokasi pelayanan SIM hari ini :

Green Terrace Taman Mini (Jakarta Timur), Satpas SIM Daan Mogot Jakbar (Jakarta Utara), Kampus Trilogi Kalibata (Jakarta Selatan), Satpas SIM Daan Mogot (Jakarta Barat) dan ITC Cempaka Mas (Jakarta Pusat).

Pelaksanaan layanan tetap memberlakukan protokol kesehatan pencegahan virus covid – 19.

Berikut ini lokasi Samsat keliling pelayanan STNK hari ini :

Halaman Parkir Samsat (Jakarta Pusat), Halaman Parkir Samsat (Jakarta Barat), Halaman Parkir Samsat (Jakarta Timur), Halaman Parkir Samsat (Jakarta Utara), Lapangan Promotor Ditlantas Polda Metro Jaya (Jakarta Selatan), Palem Semi Karawaci (Tangerang), Halaman Parkir Samsat (Ciledug), Halaman Parkir Samsat (Serpong), Halaman Parkir Samsat (Ciputat), Halaman Parkir Samsat (Kelapa Dua), Halaman Parkir Samsat (Kota Bekasi), Halaman Parkir Samsat (Kabupaten Bekasi), Halaman Parkir Samsat (Kota Depok) dan Halaman Parkir Samsat (Cinere). (pol)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending

WhatsApp chat