Connect with us

SPORT

Rano Karno Usul Satu Lembaga Olahraga yang Mempersatukan Atlet

Published

on

Anggota Komisi X DPR RI, Rano Karno. (Foto : Instagram @si.rano)

Mediaemiten.com, Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno menilai, di Indonesia masih ada tumpang tindih kewenangan di bidang olahraga. Komite Olaharaga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olahraga Internasional (KOI) sering kali bertengkar memperebutkan pengaruh kepada para atlet. Untuk itu, butuh satu saja lembaga oleharaga yang sekaligus mempersatukan para atlet.

Ia mengemukakan hal ini saat mengikuti rapat dengar pendapat membahas RUU Keolahragaan Nasional dengan Badan Keahlian Dewan (BKD). Hadir secara fisik di ruang rapat Komisi X DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (29/6/2020), politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, sudah saatnya kedua lembaga olahraga nasional itu disatukan agar tak terus berbenturan.

“Di Indonesia ada dua komite olahraga, KONI dan KOI. Sering terjadi pertengkaran di antara keduanya. KONI lingkupnya nasional, KOI lingkup internasional. Sementara keduanya membutuhkan atlet. Selalu ada overlapping kewenangan. Tidak mungkin KOI mengirim atlet tanpa ada KONI,” tandas Rano.

Harus disepakati lembaga olahraga di Indonesia ini seperti apa. Setidaknya, kata Rano, ada komite yang mengurus para atlet amatir dan komite atlet profesional. Sementara bicara RUU olahraga sendiri, ia mengharapkan, perlu rumusan regulasi olahraga yang bisa diimplementasikan jangka panjang. “UU lama tentang olahraga direvisi, karena perkembangan olehraga nasional maupun dunia telah berkembang pesat,” katanya.

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Keolahragaan Nasional sudah 15 tahun berjalan. Sedangkan perkembangan olahraga dunia sudah berubah total, sehingga perlu perancangan yang agak panjang supaya semua target bidang olahraga tercapai. Sayangnya, lanjut legislator dapil Banten III itu, olahraga belum menjadi profesi di Indonesia.

“Beda dengan di luar negeri, untuk menjadi petenis profesional, atlet sudah berlatih sejak kecil. Mereka menyadari masa keemasan atlet itu tidak pernah lebih dari 30 tahun. Sementara di Indonesia olahraga itu hanya dipandang sebagai latihan tubuh tidak dipandang sebagai kegiatan profesional. (dpr)


ENTERTAINMENT

Serial Biografi si Leher Beton Mike Tyson Akan Diperankan Jamie Foxx

Published

on

Petinju legenda dunia, Mike Tyson./Dok. Instagram.

MEDIA EMITEN – Biografi legenda petinju dunia, Mike Tyson akan diangkat ke layar kaca.

Jamie Foxx, yang pernah meraih Oscar akan berperan menjadi Mike Tyson, petinju hebat kontroversial yang dijuluki “Leher Beton”.

Seperti dikutip mediaemiten.com dari laman antaranews.com, Selasa, 23 Maret 2021, serial televisi terbatas tentang “Iron Mike” sedang dalam pengembangan, dengan Antoine Fuqua (“Training Day”) akan duduk di kursi sutradara dan Martin Scorsese dalam tim produksi.

“Saya sudah lama ingin menceritakan kisah saya,” kata pemilik nama lengkap Michael Gerard Tyson seperti dikutip AFP, Selasa.

“Saya berharap dapat berkolaborasi dengan Martin, Antoine, Jamie, dan seluruh tim kreatif guna menghadirkan serial yang tidak hanya menangkap perjalanan profesional dan pribadi saya, tetapi juga menginspirasi dan menghibur.”

Juru bicara Fuqua membenarkan bahwa dia terikat pada proyek tersebut.

Menurut Hollywood Reporter, sejauh ini serial tersebut belum diakuisisi oleh jaringan atau layanan streaming.

Tyson mengatakan kembalinya ke ring belum lama ini saat bertarung imbang dengan Roy Jones Jr pada November 2020 dalam usia 54 tahun, menjadikan ini waktu yang tepat untuk menceritakan kisahnya.

Mantan juara kelas berat dunia ini adalah salah satu tokoh tinju paling sukses dan paling kontroversial.

Dianggap sebagai salah satu kelas berat terbaik sepanjang masa, dia mencetak rekor menang-kalah 50-6 dengan 44 KO, pensiun pada 2005 setelah kalah melawan Kevin McBride.

Namun, dia juga dikenal karena perilakunya yang uring-uringan, misalnya menggigit telinga Evander Holyfield sebelum kalah dalam pertarungan mereka yang terkenal pada 1997, dan pelanggaran hukumnya, termasuk dakwaan pemerkosaan dan kecanduan kokain.

Tyson bangkit kembali, menjadi cameo dalam “The Hangover” (2009) dan kemudian melakukan pertunjukan one-man show di Broadway.

Pada akhir Februari, platform streaming Hulu mengumumkan bahwa mereka membuat serial terbatas tentang petinju tersebut yang diberi judul “Iron Mike.”

Mike Tyson menyebut proyek itu tidak mendapat restunya, dia mendesak pemirsa agar memboikot Hulu. (EDI)


Continue Reading

SPORT

Menteri Sandiaga Diajak Kembangkan Sport Automotive Tourism Bersama IMI

Published

on

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Menparekraf Sandiaga Uno. /Dok. MPR RI.

MEDIA EMITEN – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bansoet) yang juga dipercaya sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) berharap ajang olahraga otomotif bisa dipadukan dengan objek wisata atau sports automotive tourism.

Upaya ini diproyeksikan akan mampu menarik wisatawan domestik maupun manca negara datang ke Indonesia. 

Usai pandemi, sport automotive tourism diharapkan menjadi salah satu motor penggerak sektor pariwisata di Indonesia.

“IMI dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat bekerjasama untuk mengembangkan sport automotive tourism di Indonesia,” Bamsoet saat menerima Menparekraf Sandiaga Uno, di Jakarta

“Indonesia bisa menjadi salah satu ikon sport automotive tourism dunia karena memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa,” imbuhnya,  Selasa, 12 Desember 2021.

Dia menuturkan untuk tahap awal IMI beserta Kemenparekraf akan memanfaatkan ajang kejuaraan otomotif internasional MXGP 2021 untuk memadukan pariwisata dan olahraga otomotif. 

MXGP 2021 rencananya akan dibuka di Oman pada 3 April 2021 dan berakhir di Argentina pada 14 November 2021.

Pages: 1 2


Continue Reading

SPORT

Kini, Iwan Bule Jadi Manajer Timnas Indonesia U-19 Piala Dunia

Published

on

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Foto : Instagram @mochamadiriawan84)

Mediaemiten.com, Jakarta – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule secara mengejutkan memberi keterangan pers jika dirinya saat ini menjabat sebagai Manajer Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil pada Piala Dunia U-20 2021.

Iwan Bule beralasan ingin memantau langsung persiapan dan memberi semangat pemain yang akan tampil di Piala Dunia U-20 yang berlangsung tahun depan.

Kekuputusan Iwan Bule menjadi manajer tim ini diutaraknya saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kemenpora terkait fasilitas timnas U-19 Indonesia menuju Piala Dunia U-20 pada Senin, 27 Juli 2020.

“Kami akan maksimal sesuai dengan arahan Pak Presiden (Joko Widodo). Untuk prestasi kami akan terus kawal,” kata Iwan Bule saat konferensi pers di Wisma Kemenpora.

Bahkan tak tanggung-tanggung, Ketua Umum PSSI ini juga mengatakan dirinya merupakan ketua bidang prestasi.

“Sementara ini, saya sebagai ketua bidang prestasi sekaligus mungkin saya juga manajernya,” ucapnya.

“Biasa turun langsung memperhatikan dan melihat mereka semua di lapangan,” katanya menambahkan.

Sebagai Manajer Timnas Indonesia selama ini bertugas melaporkan segala sesuatu pada Ketum PSSI.

Untuk momen yang akan datang, sesuai pernyataan Iwan Bule yang menjabat Menejer Timnas, maka dirinya akan “membuat laporan” pada diri sendiri ia merupakan Ketua PSSI. (pik)


Continue Reading

Trending