Connect with us

SPORT

Dicari Ketum Sepeda Indonesia, Pengganti Raja Sapta Odang

Avatar

Published

on

PB ISSI bertekad mencari sosok Ketua Umum baru, pengganti dari Raja Sapta Oktohari. (Foto : Instagram @rajasaptaokto)

Mediaemiten.com, Jakarta – Penggurus Besar Ikatan Sepada Sport Indonesia (PB ISSI) bertekad mencari sosok Ketua Umum (Ketum) baru, pengganti dari Raja Sapta Oktohari (RSO).

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Budi Saputra mengaku tidak mudah bagi PB ISSI dengan waktu yang singkat untuk mencari Ketum baru. Meski demikian, pihaknya tetap menghormati keputusan Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) Komite Olimpiade Indonesia (KOI) 2020 telah dilakukan awal Juni lalu.

“Hal paling mendasar yang harus diraih, Organisasi yang berorientasi kepada peningkatan prestasi,dibawah kepemimpinan Raja Sapta Oktohari, seperti Juara Asia BMX, Juara Asia MTB, 2 Medali Emas Asian Games, 2 Medali Emas Asian Track Championship, 3 Emas Sea Games, Peringkat 4 World Cup Track, harus ditingkatkan dan dilanjutkan di masa depan,” kata Budi Saputra dalam perbincangan bersama Danang Sundoro di program Dinamika Olahraga RRI, Kamis (18/6/2020).

“Peningkatan mutu wasit, dengan adanya 2 International Commissaire, 11 Elite Nasional Commissaire dan 90 National Commissaire, yang akan membuat PB ISSI lebih mandiri dan berkualitas dalam melaksanakan kejuaraan nasional maupun International di tanah air,” tutur Budi. 

PB ISSI menurut Budi telah mencatatkan diri menjadi organisasi olahraga pertama di dunia yang menyelenggarakan kejurnas BMX Freestyle di bawah nasional federasi, sekaligus juga menjadi negara pertama di dunia yang menyelenggarakan Asian Urban Championship seri 1, serta dipercaya untuk menyelenggarakan Kejuaraan Asia Track Championship dan direncanakan Kejuaraan Asia BMX.

“PB ISSI juga berhasil menyelenggarakan Tour d’Indonesia dengan level 2.1 setelah berhenti penyelenggaraan selama 7 tahun, juga berhasil melaksanakan Kejuaraan BMX dengan level Hors Class, dan masih banyak lagi kejuaraan dengan level UCI (Federasi Balap Sepeda Dunia) yang telah dilaksanakan,” ungkapnya. 

“Jangan lupa, RSO dipercaya menjadi Wakil Presiden Asian Cycling Confederaton, serta member pengurus UCI (Union Cycling Internasional) , yang belum pernah terjadi dalam sejarah PB. ISSI,” seraya mengingatkan sosok RSO yang sudah memiliki nama di UCI (Organisasi Balap Sepeda tertinggi di dunia)  (rad)


SPORT

Menteri Sandiaga Diajak Kembangkan Sport Automotive Tourism Bersama IMI

Avatar

Published

on

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Menparekraf Sandiaga Uno. /Dok. MPR RI.

MEDIA EMITEN – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bansoet) yang juga dipercaya sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) berharap ajang olahraga otomotif bisa dipadukan dengan objek wisata atau sports automotive tourism.

Upaya ini diproyeksikan akan mampu menarik wisatawan domestik maupun manca negara datang ke Indonesia. 

Usai pandemi, sport automotive tourism diharapkan menjadi salah satu motor penggerak sektor pariwisata di Indonesia.

“IMI dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat bekerjasama untuk mengembangkan sport automotive tourism di Indonesia,” Bamsoet saat menerima Menparekraf Sandiaga Uno, di Jakarta

“Indonesia bisa menjadi salah satu ikon sport automotive tourism dunia karena memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa,” imbuhnya,  Selasa, 12 Desember 2021.

Dia menuturkan untuk tahap awal IMI beserta Kemenparekraf akan memanfaatkan ajang kejuaraan otomotif internasional MXGP 2021 untuk memadukan pariwisata dan olahraga otomotif. 

MXGP 2021 rencananya akan dibuka di Oman pada 3 April 2021 dan berakhir di Argentina pada 14 November 2021.

Pages: 1 2


Continue Reading

SPORT

Kini, Iwan Bule Jadi Manajer Timnas Indonesia U-19 Piala Dunia

Avatar

Published

on

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Foto : Instagram @mochamadiriawan84)

Mediaemiten.com, Jakarta – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule secara mengejutkan memberi keterangan pers jika dirinya saat ini menjabat sebagai Manajer Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil pada Piala Dunia U-20 2021.

Iwan Bule beralasan ingin memantau langsung persiapan dan memberi semangat pemain yang akan tampil di Piala Dunia U-20 yang berlangsung tahun depan.

Kekuputusan Iwan Bule menjadi manajer tim ini diutaraknya saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kemenpora terkait fasilitas timnas U-19 Indonesia menuju Piala Dunia U-20 pada Senin, 27 Juli 2020.

“Kami akan maksimal sesuai dengan arahan Pak Presiden (Joko Widodo). Untuk prestasi kami akan terus kawal,” kata Iwan Bule saat konferensi pers di Wisma Kemenpora.

Bahkan tak tanggung-tanggung, Ketua Umum PSSI ini juga mengatakan dirinya merupakan ketua bidang prestasi.

“Sementara ini, saya sebagai ketua bidang prestasi sekaligus mungkin saya juga manajernya,” ucapnya.

“Biasa turun langsung memperhatikan dan melihat mereka semua di lapangan,” katanya menambahkan.

Sebagai Manajer Timnas Indonesia selama ini bertugas melaporkan segala sesuatu pada Ketum PSSI.

Untuk momen yang akan datang, sesuai pernyataan Iwan Bule yang menjabat Menejer Timnas, maka dirinya akan “membuat laporan” pada diri sendiri ia merupakan Ketua PSSI. (pik)


Continue Reading

SPORT

Venue Aquatic PON XX Papua Dapat Pengakuan Federasi Renang Dunia

Avatar

Published

on

Arena akuatik yang dibangun Kementerian PUPR untuk PON XX Papua. (Foto : Instagram @kemenpupr)

Mediaemiten.com, Jakarta – Pembangunan Venue Aquatik PON XX di Papua mendapatkan pengakuan dari organisasi induk federasi olahraga renang internasional atau Federation Internationale de Natation (FINA).

Dengan begitu, fasilitas olahraga yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah bisa dikategorikan standar Olimpiade.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa penyelesaian pembangunan venue olahraga PON XX dilaksanakan dengan cermat, mulai dari tahap desain, pembangunan, dan pengawasannya dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan yang melibatkan pengawasan dari Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2).

“Diharapkan terselesaikannya venue PON tersebut tidak hanya menjadi kebanggaan warga Papua saja, namun juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia serta dapat mendorong para anak muda, khususnya atlet-atlet Papua lebih semangat dan berprestasi menjadi juara, baik dikancah nasional maupun internasional,” kata Menteri Basuki melalui siaran pers Rabu (29/7/2020).

Adapun kegiatan sertifikasi meliputi pengecekan dan pengukuran dimensi kolam dengan metode random sampling yang dilakukan oleh Ketua Bidang Sertifikasi PB PRSI di dalam Pengawasan Konsultan Spesialis Federasi Renang Internasional (FINA) dari Spanyol melalui media Video Conference karena Pandemi Covid–19. Berdasarkan hasil pengecekan dan pengukuran tersebut disimpulkan bahwa Field of Play atau Kolam Tanding Venue Aquatic PON Papua telah sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan oleh FINA.

Sementara itu, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, adapun kegiatan sertifikasi meliputi pengecekan dan pengukuran dimensi kolam dengan metode random sampling yang dilakukan oleh Ketua Bidang Sertifikasi PB PRSI di dalam Pengawasan Konsultan Spesialis Federasi Renang Internasional (FINA) dari Spanyol melalui media Video Conference karena tidak dapat hadir secara langsung akibat adanya pembatasan akses untuk masuk ke Indonesia.

“Berdasarkan hasil pengecekan dan pengukuran tersebut disimpulkan bahwa Field of Play atau Kolam Tanding Venue Aquatic PON Papua telah sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan oleh FINA,” terangnya.

“Harapannya, agar investasi infrastruktur olahraga yang dibangun berstandar internasional ini di Papua dapat menjadi investasi prestasi olahraga, khususnya renang,” tandas Iwan. (inf)


Continue Reading

Trending