Connect with us

Uncategorized

Listing Perdana, Saham PAMG Langsung Cuan 70%

Published

on

PAMG langsung menyentuh titik auto-rejection atas atau menguat signifikan hingga 70% ke level Rp170 dari harga penawaran senilai Rp100 per saham.

Mediaemiten.com, Jakarta – Saat memulai transaksi perdana pada pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, harga saham PT Bima Sakti Pertiwi Tbk (PAMG) langsung menyentuh titik auto-rejection atas atau menguat signifikan hingga 70% ke level Rp170 dari harga penawaran senilai Rp100 per saham.

Kenaikan harga saham PAMG di awal perdagangan tersebut ditopang oleh frekuensi transaksi sebanyak dua kali dengan volume transaksi sebanyak 1.620 lot, sehingga nilai transaksi emiten ke-21 di 2019 ini mencapai senilai Rp27,54 juta untuk sepanjang perdagangan hari ini.

Pada pelaksaan IPO ini, perusahaan properti asal Riau ini melepas 626 juta saham atau setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan. Sehingga, dengan harga penawaran Rp100 per saham, maka KJEN mampu meraup dana dari pasar modal sebesar Rp62,6 miliar.

Manajemen PAMG menunjuk PT Danatama Makmur Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. Dana hasil IPO akan digunakan Bima Sakti Pertiwi untuk belanja modal (capex) dan modal kerja operasional.

Direktur Utama Bima Sakti Pertiwi, Christopher Sumasto, pada pelaksanaan IPO ini setidaknya Perseroan bisa meraup dana dari pasar modal setidaknya Rp62,5 miliar. “Sebesar Rp55 miliar akan digunakan untuk capex (belanja modal) 2019 dan sisanya sebagai working capital,” katanya di Gedung BEI Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Dia menyebutkan, sebesar 65% dari capex tersebut akan dimanfaatkan sebagai dana pengembangan dan perbaikan fasilitas gedung milik perseroan yang sudah beruisa 15 tahun. “Sisa dari dana IPO akan digunakan untuk menambah landbank seluas 1.200 meter persegi dan akan dikambangkan di masa mendatang,” tutur Christopher.

Sementara itu, Direktur Bima Sakti Pertiwi, Leonardus Sutarman menyebutkan, perseroan tengah merencanakan pembebasan lahan seluas 8.000 meter persegi yang berada di samping Mal Pekanbaru, Riau. “Kami juga akan membebaskan sekitar 4.000-5.000meter persegi lagi dari dana IPO ini,” ucapnya.

Sutarman mengungkapkan, saat ini tingkat okupansi Mal Pekanbaru mencapai 93%. “Ruang-ruang usaha yang kosong akan akan dimanfaatkan oleh Cinemaxx seluas 1.000 meter persegi dengan jumlah layar sebanyak 5 unit. Recurring income kami sekitar Rp70 miliar-Rp80 miliar per tahun dari penyewaan hotel dan ruang usaha,” ujar Sutarman.

Lebih lanjut dia menyebutkan, pada tahun ini perseroan menargetkan laba bersih senilai Rp23 miliar, sedangkan pendapatan usaha mencapai Rp84 miliar. Pada 2018, laba bersih BimaSakti Pertiwi senilai Rp318,58 miliar yang ditopang pendapatan usaha sebesar Rp75,25 miliar. (*)


Uncategorized

Kekominfo Akan Bangun 421 BTS di NTT untuk Tingkatkan Konektivitas Digital di Wilayah 3T

Published

on

Ilustrasi BTS./Dok. setkab.go.id.

MEDIA EMITEN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan membangun 421 unit Base Transceiver Station (BTS) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pembangunan jaringan telekomunikasi tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas digital di seluruh penjuru Tanah Air, termasuk wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Baca Juga: 2021, Menteri Kominfo Ajak Media untuk Selalu Aktual, Faktual, dan Akuntabel

“Ada 421 BTS untuk 421 desa yang akan diselesaikan pada tahun 2021 ini dan tahun depan 2022. Saya harapkan ini bisa dilakukan akselerasi sehingga lebih cepat,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan BTS dan Program Literasi Digital di Provinsi NTT, di Kupang, yang dikutip mediaemiten.com dari setkab.go.id.

Johnny mengatakan percepatan pembangunan itu membutuhkan dukungan penuh pemerintah daerah (pemda).

Koordinasi yang baik antara Kemkominfo dan pemda dibutuhkan terutama berkaitan dengan penyediaan lahan yang sesuai dengan rencana pembangunan daerah.

“Mengapa itu, karena BTS enggak bisa dibangun di langit, BTS juga tidak bisa dibangun di dasar laut atau di air, dia bisa dibangun di lahan, di darat, di tanah,” tutur Johnny.

Menurutnya, ini penting sekali agar koordinasi Kominfo dengan Pemda memastikan tersedianya lahan dengan koordinat yang tepat, yang dibutuhkan untuk pembangunan dan pengembangan desa, kecamatan dan kabupaten.

Ditegaskan, pembangunan BTS perlu diselaraskan dengan rencana pembangunan daerah agar cakupan atau coverage sinyal telekomunikasi dan internet dapat mendukung pencapaian target pembangunan daerah secara optimal.

“Saya harapkan sekarang kita sama-sama menentukan titiknya, yang sejalan dengan rencana pembangunan daerah agar di wilayah di mana ada coverage sinyalnya, di situlah nanti pemukiman masyarakat, di situlah nanti kantor layanan pemerintahan, di situlah nanti sekolah-sekolah dan kegiatan-kegiatan lainnya,” ucapnya.

Johnny mengharapkan agar penyediaan lahan untuk pembangunan BTS berada di lokasi yang dekat dengan pemukiman, sarana pendidikan dan pelayanan masyarakat.

Hal itu diperlukan agar tidak lagi beredar informasi siswa maupun guru harus naik ke gunung untuk mencari akses sinyal internet.

“Kepala desa mau rapat streaming, video conference call naik pohon, jangan sampai lagi. Kita perlu sama dan sejalan, itulah gunanya rapat koordinasi kita hari ini untuk menentukan di mana titik-titiknya, sehingga pembangunan dan BTS itu berdampak panjang sejalan dan seirama, searah dengan pembangunan wilayah, aktivitas masyarakat sendiri ada di sana, itu penting sekali,” ungkapnya.

Melalui penyediaan akses telekomunikasi diharapkan akan dapat mendukung transformasi digital di NTT.

“Saya tidak berharap nanti ada lagi wilayah kegiatan masyarakat yang blank spot. Jadi akan dibangun 421 BTS, ini satu titik awal lompatan dan fondasi transformasi digital, migrasi aktivitas masyarakat Nusa Tenggara Timur dan aktivitas ruang fisik ke aktivitas ruang-ruang digital,” ujarnya.

Selain membangun BTS, menurut Menkominfo, Pemda juga perlu menyiapkan talenta digital yang memadai.

“Talenta digital di Nusa Tenggara Timur akan dan harus menjadi lompatan raksasa kita agar setara dengan saudara dan sahabat sebangsa dan tentunya tetangga kita,” katanya.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat mengatakan, rapat koordinasi untuk mempercepat pembangunan BTS di NTT ini tak hanya memberikan energi positif tapi juga merupakan sebuah wujud lompatan budaya kerja.

Ia meminta jajarannya untuk memanfaatkan dengan baik infrastruktur teknologi dan informasi (TIK) yang telah dibangun oleh Kemkominfo.

“Kalau Pak Menteri dengan jajaran sudah bekerja luar biasa, Direktur BAKTI [Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi] untuk infrastrukturnya membangun hebat di NTT, tapi kalau sumber daya manusianya tidak ada di desa, semata-mata membangun jalan tapi tidak ada manfaat apa-apa,” ujar Gubernur NTT.

Simak Pula: Pemkab Bogor Siapkan 10 TPU untuk Korban Covid-19 yang Meninggal

Berdasarkan data dari Kemkominfo, lokasi pembangunan 421 unit BTS 4G ini tersebar di seluruh wilayah di NTT, dengan perincian di Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 24 lokasi, Kabupaten Manggarai Timur 66 lokasi, Kabupaten Alor 33 lokasi, Kabupaten Ende 59 lokasi, Kabupaten Kupang 24 lokasi, Kabupaten Lembata 31 lokasi, dan Kabupaten Nagekeo 1 lokasi.

Kemudian di Kabupaten Rote Ndao sebanyak 15 lokasi, Kabupaten Sabu Raijua 3 lokasi, Kabupaten Sumba Tengah 21 lokasi, Kabupaten Sumba Timur 89 lokasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan 15 lokasi, Kabupaten Timor Tengah Utara 4 lokasi, Kabupaten Manggarai 31 lokasi, Kabupaten Sumba Barat 4 lokasi, dan Kabupaten Sumba Barat Daya 1 lokasi. (Tat)


Continue Reading

NASIONAL

Menhub Budi Karya: Masyarakat dari Sumatera Mau ke Jawa Wajib Tes Antigen

Published

on

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi./Dok. mediaemiten.com

MEDIA EMITEN – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengingatkan kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa menggunakan angkutan penyeberangan wajib melakukan tes cepat atau rapid test antigen.

“Kami mohon kepada jajaran Pemprov Lampung dan Satgas Khusus Covid-19 Lampung yang diketuai Kapolda untuk terus melakukan pengawasan agar tidak ada yang lolos pemeriksaan,” ujarnya saat melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi pelaksanaan rapid test antigen di Lampung dan di Pelabuhan Bakauheni, seperti dikutip mediaemiten.com dari laman setkab.go.id, Minggu, 23 Mei 2021.

Baca Juga: Palang Merah Indonesia akan Segera Salurkan Donasi Publik kepada Rakyat Palestina

Menteri Budi mengimbau agar masyarakat bisa melakukan tes secara mandiri dari kota asal agar tidak perlu mengantre melakukan tes di sejumlah titik pemeriksaan dan menghindari penumpukan penumpang di Pelabuhan Bakauheni.

Untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat pasca Lebaran dari Sumatera ke Jawa dan adanya peningkatan kasus positif di Sumatera yang berpotensi memicu penularan COVID-19, pemerintah telah membentuk Satgas Khusus Provinsi Lampung yang dikomandoi oleh Kapolda Lampung.

Hal ini untuk memastikan masyarakat yang akan menyeberang sudah melakukan rapid test antigen.

Tercatat, ada tujuh titik pengecekan rapid test antigen di Lampung dan Bakauheni yaitu di Pos Rest Area KM 172 B, Pos Rest Area KM 87 B, Pos Rest Area KM 20 B, Pos Pelabuhan Bandar Bakau, Pos Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Pos Simpang Hatta, dan Begadang IV.

“Saya sangat berterima kasih kepada Satgas Khusus dan Pemda karena sudah melaksanakan kegiatan pengecekan kesehatan, karena ini wajib dilakukan di penyeberangan,” ujar Menhub.

Budi menambahkan, dari kalkulasi 400 ribu orang yang sudah menyeberang ke Sumatera baru sekitar 33% yang kembali.

“Untuk itu memang harus ada upaya yang lebih dari kita untuk memastikan mereka melakukan rapid test antigen,” tutur Budi.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, sampai dengan tanggal 22 Mei 2021, sebanyak 37.931 orang yang dilakukan rapid test antigen di tujuh titik pengecekan.

Sebanyak 338 orang dinyatakan positif dan langsung dibawa ke tempat isolasi yang telah disediakan oleh Satgas Khusus Provinsi Lampung.

“Selama melakukan pemeriksaan, kita menemukan 338 orang yang positif. Kalau 338 orang ini lolos masuk ke wilayah Pulau Jawa maka dampaknya akan mudah sekali memberikan penularan kepada warga lainnya,” ujar Doni.

Doni mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras dalam melakukan upaya untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Sekali lagi kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh unsur Satgas baik dari Polri, TNI, Kemenhub, KKP, tenaga kesehatan, dan semuanya yang telah bekerja keras,” ujar Doni.

,Berdasarkan data PT ASDP Ferry Indonesia, pada tanggal 22 Mei 2021, dari total sekitar 420 ribu orang yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni mulai 22 April hingga 14 Mei 2021, jumlah orang yang kembali dari Sumatra baru sekitar 138.066 orang atau sekitar 33%.

Simak Pula: Lebaran, Pegadaian Salurkan Bantuan untuk Masyarakat NTB dan Sulawesi Utara

Setelah masa peniadaan mudik berakhir, Pelabuhan Bakauheni sudah mengoperasikan secara penuh 7 dermaga dengan jumlah kapal yang beroperasi per hari sebanyak 32 kapal.

Tercatat jumlah penumpang pada Selasa, 18 Mei 2021 di Bakauheni mencapai 33 ribu penumpang, sementara pada Rabu, 19 Mei 2021 dan Kamis tercatat sekitar 30 ribu penumpang per harinya. (wan)


Continue Reading

Uncategorized

Pekerja Milenial Pertamina Ajak Anak-anak Bermain, Hilangkan Trauma Pasca Insiden Tangki Balongan

Published

on

Relawan Pertamina menyapa anak-anak saat memberikan trauma healing di pengungsian yang didirikan oleh Pertamina di GOR Bumi Patra, Indramayu./Dok. pertamina.com

MEDIA EMITEN – Pekerja milenial PT Pertamina dari Refinery Unit IV Balongan mengajak anak-anak yang sedang berada di pengungsian untuk bermain Badut Bung BEN dan Hola Hop.

Bung BEN merupakan maskot Pertamina, yang bermakna Bangkit Energi Negeri (BEN). 

Baca Juga: Dirut Pertamina Temui Pasien Terdampak Insiden Tangki Balongan

Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto mengatakan mengajak bermain anak-anak di pengungsian merupakan salah satu cara untuk menghilangkan trauma atau trauma healing pada anak-anak akibat insiden Tangki T-301 Kilang Balongan. 

“Selain menghilangkan trauma, harapannya anak-anak juga tetap ceria dan gembira sekaligus memberikan edukasi kepada anak-anak,” ujar Agus seperti dikutip mediaemiten.com dari laman pertamina.com.

Agus menambahkan, lebih dari 10 pekerja milenials yang menjadi relawan dan memberikan trauma healing kepada anak-anak.

Dalam kegiatan ini, anak-anak  diajak bergerak dan bermain agar dapat menghirup udara segar di pagi hari. 

Aldano, salah satu pekerja milenial Pertamina mengatakan kegiatan trauma healing dilaksanakan di pagi hari di sela-sela jam kerjanya. 

Simak Pula: Pertamina Terus Berupaya Padamkan Api Tangki Minyak Balongan

“Kami turut prihatin atas insiden ini dan sebagai bentuk empati kami kepada masyarakat terdampak, semoga upaya pemadaman segera tuntas dan masyarakat dapat segera berkumpul bersama keluarga di rumah masing-masing,” ujar Aldano. (wan)

 


Continue Reading

Trending