Connect with us

BISNIS

Geo Dipa Manfaatkan Sistem Digital Pengadaan Proyek

Avatar

Published

on

Direktur Utama PT Geo Dipa (Persero), Riki Ibrahim.

Mediaemiten.com, Jakarta – PT Geo Dipa memanfaatkan sistem digital pada pengadaan proyeknya atau e-procurement dalam upaya perusahaan menghindari praktik korupsi.

Direktur Utama PT Geo Dipa (Persero) Riki Ibrahim dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (23/1/2019), menegaskan perusahaan akan terus mengedepankan transparansi dalam menjalankan usahanya.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) panas bumi, Geo Dipa Energi akan terus menjaga upaya ketahanan energi nasional. Tentunya kata dia, dengan mematuhi dan melaksanakan tata kelola perusahaan. Hal ini wujud pembersihan tatakelola perusahaan. “Geo Dipa telah menandatangani Geo¿ Dipa bersih,” kata Riki.

Sementara Direktur Keuangan Geo Dipa Energi, M Ikbal Nur mengatakan, jajaran direksi pun telah berpesan ke pihak pelaksana operasi, untuk tidak menerima suap. Sebab perusahaan telah melakukan deklarasi Geo Dipa Bersih.

“Kami anti korupsi dan tidak menerima suap dalam bentuk apapun. Seluruh proses transparan dan penuh tanggung jawab. Kami menuju perusahaan modern,” ujar dia.

Geo Dipa merupakan salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, memiliki peranan untuk menginisiasi skema pembiayaan inovatif dan kreatif dengan tujuan mencapai target pembangunan dengan menjaga APBN tetap sehat dan akuntabel.

Sebagai SMV, perseroan diharapkan untuk selalu bersinergi dengan BUMN dan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah kementerian Keuangan lainnya. (asn)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

BISNIS

Para Pengelola Bandara Bersiap Terapkan Protokol New Normal, Setelah Sosialisasi

Avatar

Published

on

Bandara Bersiap Terapkan Protokol Kenormalan Baru. (Foto: Instagram @ap_airports)

Mediaemiten.com, Jakarta – Para pengelola bandar udara, baik PT Angkasa Pura/AP I (Persero) maupun PT Angkasa Pura/AP II (Persero) telah siap untuk menerapkan prosedur pelayanan kepada penumpang pesawat dalam situasi New Normal (Kenormalan baru).

Pada PT Angkasa Pura I, penerapan New Normal
seiring dengan telah selesainya Pedoman Protokol Kesehatan The New Normal di 15 Bandara yang dikelola oleh perusahaan. “Angkasa Pura I telah menyelesaikan pedoman protokol kesehatan untuk mendukung operasional penerbangan dalam situasi New Normal. Pedoman ini dapat sesegera mungkin disosialisasikan dan diterapkan begitu peraturan resmi mengenai situasi New Normal dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” ujar Kepala Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura I, Handy Heryudhitiawan, Jumat (29/5/2020).

Secara khusus Pedoman Protokol Kesehatan The New Normal ini mengatur secara detail mengenai prosedur dan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan bagi calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan domestik dan internasional. 

Dalam pedoman ini juga diinformasikan mengenai berbagai upaya pencegahan, penyebaran dan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura I termasuk juga pada penerapan Social/Physical Distancing, pengecekan dokumen kesehatan, dan pengecekan suhu tubuh tidak hanya bagi penumpang tetapi juga bagi mitra usaha dan seluruh personil yang bertugas di bandara.

“Kami memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti Counter Check In, Trolly, Self Check In Machine, SCP (Tray & X Ray), Toilet, Boarding Pass Scanner, Hand Rail, Armchair dan lain sebagainya di bandara kami dilakukan pembersihan secara intens dan berkala menggunakan desinfektan untuk memberikan rasa aman kepada penumpang saat sedang melakukan perjalanan,” kata Handy.

Sedangkan kepada petugas operasional yang bertugas, Angkasa Pura I mewajibkan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari kacamata pelindung (goggles), masker, sarung tangan serta menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di area-area terminal. Selain itu untuk pelaksanaan Physical Distancing kami telah melakukan pengaturan jarak antrian minimal 1,5 meter pada area Check In, Security Check Point, Imigrasi, Boarding Lounge, Garbarata, area Baggage Claim serta area tunggu transportasi publik.

Sementara PT Angkasa Pura II (Persero), kini tengah dalam tahap merumuskan protokol guna mengantisipasi new normal di tengah pandemi global Covid-19. (inf)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BISNIS

Dua Kapal Kementerian Perhubungan Bantu Angkut Penumpang di Pelabuhan Jangkar

Avatar

Published

on

Pengangkutan penumpang dengan kapal Ditjen Hubla dilakukan sesuai aturan protokol kesehatan. (Foto : Instagram @kemenhub151)

Mediaemiten.com, Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubla Kemenhub) menurunkan 2 (dua) unit Kapal Negara, yakni KN. Masalembo dari Distrik Navigasi Kelas I Surabaya dan KN. Grantin P-211 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Perak untuk mengangkut penumpang yang tidak tertampung di kapal reguler.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Capt. Miftahul Hadi pada Jumat (29/5/2020) menjelaskan, sebelumnya kedua kapal tersebut tengah melaksanakan tugas pengawasan dan pengawalan pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang kapal di Pelabuhan Jangkar Situbondo pada Kamis (28/5/2020) untuk memastikan seluruh penumpang yang diangkut dalam keadaan sehat, guna menekan dan mencegah penyebaran Covid-19.

Namun hingga kapal reguluer KMP. Satya Kencana diberangkatkan pukul 12.00 WIB, banyak penumpang yang tidak dapat terangkut kapal reguler dengan rute Pelabuhan Jangkar ke Pulau Sapudi dan Kalianget, Sumenep, Madura tersebut, mengingat adanya pembatasan penumpang hanya 50 persen dari kapasitas kapal sehubungan dengan penerapan aturan menjaga jarak fisik atau physical distancing sesuai protokol penanganan Covid-19.

“Kemudian atas permintaan Pemerintah Daerah setempat, penumpang yang tidak tertampung di kapal reguler diangkut oleh kedua kapal negara milik Ditjen Perhubungan Laut yang tengah bertugas di Pelabuhan Situbondo, yakni KN. Masalembo dan KN. Grantin,” ujarnya.

Adapun jumlah penumpang yang diangkut kapal reguler sebanyak 129 orang atau 50 persen dari kapasitas kapal dan sisa penumpang sekitar 50 orang diangkut menggunakan KN. Masalembo dan KN. Grantin secara gratis, hanya dengan menunjukkan kartu identitas diri (KTP).

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Capt. Miftahul Hadi menegaskan, pengangkutan penumpang dengan kapal Ditjen Hubla dilakukan sesuai aturan protokol kesehatan, sebagaimana yang diterapkan di kapal reguler.

“Begitupun para awak kapal dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan tetap menjaga jarak aman,” imbuhnya.

Pihaknya bersama instansi terkait di pelabuhan berkomitmen melayani masyarakat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan keselamatan pelayaran.

“Setiap calon penumpang kapal akan dilakukan pemeriksaan medis baik oleh UPT Puskesmas maupun pihak KKP Probolinggo di Panarukan, kemudian calon penumpang yang dinyatakan sehat akan diberikan surat keterangan sehat yang berlaku selama 7 (tujuh) hari,” tandasnya.

Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa Pemerintah hadir di tengah masyarakat untuk memastikan kelancaran transportasi laut sekaligus wujud koordinasi dan sinergi yang baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah di masa pandemi Covid-19.

“Kami selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah terlebih di masa-masa Pandemi Covid-19 ini, untuk senantiasa memberikan kemudahan, bantuan serta pertolongan bagi masyarakat yang membutuhkan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutup Capt. Miftahul. (pub) #mediamelawancovid19


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BISNIS

Size Terlalu Kecil dan Sangat Terlambat, Stimulus untuk Usaha Belum Maksimal

Avatar

Published

on

Suasana pertemuan Satgas Lawan Covid-19 DPR RI dengan KADIN di Menara KADIN, Jakarta. (Foto : Instagram @sufmi_dasco)

Mediaemiten.com, Jakarta – Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 DPR RI kembali melanjutkan roadshow-nya ke Kamar Dagang dan Industri (KADIN) guna meninjau persiapan menghadapi new normal atau tatanan normal baru di sektor usaha. Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta pelaku usaha tetap memprioritaskan protokol new normal agar dijalankan sesuai dengan standar protokol Covid-19.

“Dalam kesempatan ini, kami mendengar informasi yang luar biasa, dimana KADIN selama ini ternyata telah banyak bekerja selama 2 bulan terakhir. Mereka menjadi crisis center yang baik bagi dunia usaha melakukan panduan-panduan bagaimana dunia usaha harus dan terus bertahan dalam menghadapi pandemi Covid-19,” tutur Dasco usai pertemuan dengan Ketua Umum KADIN di Menara KADIN, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Dalam pertemuan tersebut, politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga menyinggung sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menopang sebagian besar perekonomian nasional. Menurutnya, sektor UMKM membutuhkan stimulus agar bisa membangkitkan kembali roda perekonomian. Mengingat, lebih dari 97 persen tenaga kerja Indonesia bekerja di sektor UMKM.

“Untuk itu kepada sektor swasta yang memberikan 87 persen dari penghasilan negara ini, kita akan buat gebrak sesuatu yang bisa sama-sama untuk menggerakkan ekonomi negara dalam new normal ini,” jelas Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) itu.

Sebagai tindak lanjut, masih kata Dasco, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI akan melakukan rapat gabungan dengan seluruh stakeholder untuk membahas penerapan tatanan hidup baru pada pekan depan. “Harus dipikirkan sebelum tatanan hidup baru diberlakukan, karena kita harus benar-benar siap, bagaimana menjalankan usaha tanpa abai protokol Covid-19,” papar legislator dapil Banten III itu.

Sementara itu, Ketua Umum KADIN Rosan Perkasa Roeslani dalam paparannya menyebutkan saat ini KADIN sedang menyiapkan tatanan new normal di masing-masing sektor usaha dengan tetap mengikuti arahan protokol Covid-19 yang sudah ditetapkan dari Pemerintah, walaupun dalam keadaan yang tidak mudah.

Dia mengistilahkan kondisi ekonomi saat pandemi Covid-19 ini seperti musim hujan. Harus tetap berjalan meski hujan tapi dengan perlindungan payung. “Kalau nunggu hujannya berhenti, ya kita gak jalan-jalan, kita tetap jalan dalam keadaan hujan dengan menggunakan payung,” kata Rosan mengibaratkan.

Sementara itu untuk kembali memulihkan dunia usaha, ia mengatakan, penyelamatan perekonomian tidak boleh diskriminasi. Karena itu, diharapkan kehadiran Pemerintah dapat dirasakan pelaku usaha swasta. Diakuinya, stimulus sektor usaha belum maksimal, khususnya di sektor UMKM dan restrukturisasi perbankan.

“Stimulus secara fiskal dan moneter sudah diberikan pemerintah tetapi kita melihat stimulus itu, dari sizenya, saya bilang gini ‘too little and too late’ masih kecil dan juga implementasinya ini mesti lebih cepat lagi. Karena kita juga berpacu dengan waktu. Kalau penanganan Covid ini makin panjang, tentunya tekanan terhadap perekonomian akan lebih besar dan PHK maupun pegawai dirumahkan akan terus berjalan,” imbuhnya sembari stimulus fiskal dan moneter harus dipastikan implementasinya berjalan dengan cepat.

Turut hadir dalam kunjungan ini beberapa Anggota Satgas Lawan Covid-19 DPR RI di antaranya Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade, Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman, Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto, Anggota Komisi III DPR RI Bambang Haryadi, Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari, Anggota Komisi IX DPR RI Nabil Haroen. (par) #mediamelawancovid19


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending

WhatsApp chat