Connect with us

BISNIS

Geo Dipa Manfaatkan Sistem Digital Pengadaan Proyek

Avatar

Published

on

Direktur Utama PT Geo Dipa (Persero), Riki Ibrahim.

Mediaemiten.com, Jakarta – PT Geo Dipa memanfaatkan sistem digital pada pengadaan proyeknya atau e-procurement dalam upaya perusahaan menghindari praktik korupsi.

Direktur Utama PT Geo Dipa (Persero) Riki Ibrahim dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (23/1/2019), menegaskan perusahaan akan terus mengedepankan transparansi dalam menjalankan usahanya.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) panas bumi, Geo Dipa Energi akan terus menjaga upaya ketahanan energi nasional. Tentunya kata dia, dengan mematuhi dan melaksanakan tata kelola perusahaan. Hal ini wujud pembersihan tatakelola perusahaan. “Geo Dipa telah menandatangani Geo¿ Dipa bersih,” kata Riki.

Sementara Direktur Keuangan Geo Dipa Energi, M Ikbal Nur mengatakan, jajaran direksi pun telah berpesan ke pihak pelaksana operasi, untuk tidak menerima suap. Sebab perusahaan telah melakukan deklarasi Geo Dipa Bersih.

“Kami anti korupsi dan tidak menerima suap dalam bentuk apapun. Seluruh proses transparan dan penuh tanggung jawab. Kami menuju perusahaan modern,” ujar dia.

Geo Dipa merupakan salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, memiliki peranan untuk menginisiasi skema pembiayaan inovatif dan kreatif dengan tujuan mencapai target pembangunan dengan menjaga APBN tetap sehat dan akuntabel.

Sebagai SMV, perseroan diharapkan untuk selalu bersinergi dengan BUMN dan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah kementerian Keuangan lainnya. (asn)


BISNIS

Dominasi Asing di Industri Nikel dalam Negeri Disayangkan DPR-RI

Avatar

Published

on

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto. /Dok. Dpr.go.id.

MEDIA EMITEN – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyayangkan dominasi asing di industri nikel dalam negeri. 

Politisi Fraksi Partai Keadilan (PKS) itu memperkirakan, permintaan (demand) nikel ke depan akan semakin tinggi, seiring adanya kebutuhan dari bahan nikel, seperti untuk baterai listrik.

“Saya melihat dominasi asing masih sangat tinggi di Industri nikel dalam negeri. Padahal sumber daya alam berupa nikel ke depan bisa menjadi primadona dalam industri mineral.,”ujar Mulyanto saat Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan LIPI, BPPT, dan BIG yang diikutinya secara virtual, Senin 30 November 2020.

Dengan demand yang semakin tinggi, lanjutnya, dan cadangan nikel dalam negeri pun cukup besar, maka sejatinya industri ini akan menjadi penyumbang devisa terbesar. 

Mulyanto menilai hal tersebut dapat terwujud jika dikelola dengan baik dari hulu hingga hilir. Itulah salah satu alasan didorongnya pembuatan smelter nikel.

Oleh karenanya ia berharap agar pemangku kebijakan dapat merefleksikan realita tersebut. 

“Bagaimana kita berpikir ke sana, agar kemampuan domestik kita bisa dari hulu sampai hilir. Sehingga pertumbuhan ekonomi kita betul-betul berbasis sumber daya alam dan mineral.”

Pages: 1 2


Continue Reading

BISNIS

Kemendag Dorong Indonesia Naik Kelas dalam Rantai Pasok Dunia

Avatar

Published

on

Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga. /Instagram.com/@jerry.sambuaga.

MEDIA EMITEN – Indonesia diharapkan mampu memainkan peran penting dalam rantai pasok dunia (global value chain). Saat ini posisi Indonesia masih sebagai pemasok bahan mentah dan industri padat karya.

“Kita bisa mencapai posisi yang lebih baik, mulai dari desain produk, industri padat teknologi maupun sentra keuangan dan jasa,” kata Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, Sabtu 28 November 2020.

Dia menjelaskan, perlunya kerangka kebijakan dan implementasi yang baik antarkementerian agar hal tersebut bisa tercapai. 

Sinergi tersebut diharapkan bisa menjadi pintu keluar dari jebakan “lowest ladder of value chain” (anak tangga terbawah dalam rantai nilai).

Salah satu yang akan selalu disinergikan adalah kebijakan mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Menurut Jerry, tanggapan dunia usaha soal TKDN juga cukup baik.

“Minggu yang lalu, saya bertemu dengan para pengusaha, asosiasi dan para stakeholders dalam diskusi publik sekaligus peninjauan pabrik di Batam yang intinya mereka sangat senang dengan kebijakan TKDN.”

“Bahkan mereka meminta agar penerapannya diperluas dan diintensifkan. Menurut saya itu merupakan salah satu jalan keluar agar kita bisa lebih punya peran dalam rantai pasokan global,” kata Jerry.

Pages: 1 2 3


Continue Reading

BISNIS

Luhut Sebut Peraturan Edhy Prabowo Tidak Salah, yang Salah Monopoli Sektor Ini

Avatar

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. /Instagram.com/@luhut.pandjaitan.

MEDIA EMITEN – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Ad Interim Luhut Binsar Panjaitan mengakui, ada onopoli dalam proses ekspor benih lobster ke luar negeri.

Tidak boleh terjadi monopoli dalam ekspor benih lobster, seperti jasa pengangkutan. 

“Sementara yang salah tadi adalah monopoli seperti (jasa) pengangkutan, itu yang tidak boleh terjadi,” ujar Luhut di Jakarta jumat 27 November 2020.  

Ia mengatakan, kesalahan terletak pada jasa pengangkutan ini yang dimonopoli. Hal ini, kata Luhut yang tidak boleh terjadi. 

Namun, dia menyebut tidak ada kesalahan dalam Peraturan Menteri KKP Nomor 12/Permen-KP/2020 tentang Pengelolaan Lobster (Panulirus spp), Kepiting (Scylla spp), dan Rajungan (Portunus spp) di Indonesia. 

“Kalau ada mekanisme yang salah itu sedang kita evaluasi dan sekarang dihentikan mungkin beberapa waktu ke depan, nanti evaluasi, kita akan lanjutkan lagi kalau memang bisa dilanjutkan,” kata ia. 

KKP saat ini sudah menghentikan sementara penerbitan Surat Penetapan Waktu Pengeluaran (SPWP) ekspor benih bening lobster.

Pages: 1 2


Continue Reading

Trending