Connect with us

SEKTOR RIIL

Menkeu Saksikan Penyerahan Bantuan Community Development Geo Dipa

Published

on

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Menkeu) menyaksikan acara Penyerahan Bantuan Community Development PT Geo Dipa Energi (Persero) (Geo Dipa) di Patuha, Bandung.

Mediaemiten.com, Bandung – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Menkeu) hari ini menyaksikan acara Penyerahan Bantuan Community Development PT Geo Dipa Energi (Persero) (Geo Dipa) di Patuha, Bandung.

Bantuan diberikan kepada masyarakat sebagai penerima manfaat, khususnya warga Desa Panundaan, salah satu desa yang lokasinya dekat dengan PLTP Unit Patuha di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Bantuan tersebut antara lain listrik masuk kampung yang sudah berjalan sejak tahun 2016; betonisasi jalan akses untuk 3 desa di sekitar PLTP yang sudah berlangsung sejak tahun 2015; dan Pembangunan Rumah Tahfidz.

Penyerahan bantuan ini merupakan salah satu program Community Development GeoDipa Maju dari 4 program utama PT Geo Dipa Energi (Geodipa), yaitu GeoDipa Peduli, GeoDipa Pintar, GeoDipa Maju, dan GeoDipa Hijau.

Dalam sambutannya, Menkeu mengapresiasi langkah Geo Dipa yang turut membangun masyarakat melalui kegiatan community development (pengembangan masyarakat).

“Kementerian Keuangan datang ke sini (Patuha) dalam rangka kegiatan community development PT Geo Dipa Energi yang merupakan salah satu BUMN di bawah Kementerian Keuangan. Saya mengapresiasi PT Geo Dipa Energi, yang tadi menyampaikan bahwa supaya mereka bisa beroperasi dengan baik, masyarakat perlu turut merasa memiliki dan merasakan manfaat aset negara,” ujar Menkeu.

Geo Dipa adalah satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang energi geothermal (panas bumi) di Indonesia. Kepemilikan saham Geo Dipa dimiliki oleh Pemerintah (Kementerian Keuangan/Kemenkeu) sebesar 93 persen, dan sisanya dimiliki oleh PT PLN (Persero).

Geo Dipa merupakan salah satu Special Mission Vehicles (SMV) di bawah Kemenkeu yang memiliki misi antara lain mendukung program pemerintah dalam penyediaan listrik tenaga panas bumi yang aman dan ramah lingkungan.

Geo Dipa berkomitmen melakukan pengembangan secara masif dalam rangka pemenuhan target 23 persen energi bauran di tahun 2025, serta berupaya untuk maju bersama masyarakat sekitar dengan memberikan penghidupan dan bekal untuk meningkatkan taraf hidup menuju yang lebih baik.

Keuntungan dari kegiatan operasional Geo Dipa juga merupakan dana Pemerintah yang nantinya akan disalurkan kembali ke masyarakat melalui berbagai bentuk transfer ke daerah.

Tahun 2017, Geo Dipa berkontribusi kepada negara sebesar Rp50 miliar dari pajak, PNBP, iuran eksplorasi, bonus produksi, penyerapan tenaga kerja lokal non-skill, dan corporate social responsibility; sedangkan untuk community development kumulatif sampai saat ini telah memberikan sebesar Rp17 miliar, baik untuk unit Patuha maupun unit Dieng. Saat ini kapasitas terpasang PLTP Patuha Unit 1 sebesar 55 MW dan PLTP Unit Dieng sebesar 55 MW, maka CO2 turun sekitar 702ribu ton/tahun.

“PLTP Unit Patuha adalah aset kita semua. Jika PT Geo Dipa Energi bisa bekerja makin baik, keuntungannya akan disetorkan kepada pemerintah dan disalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk DAU, DBH, DAK, Dana Desa, dan Dana Kelurahan,” jelas Menkeu.

Menkeu juga berharap agar Geo Dipa terus menjadi perusahaan yang baik, sehat, dan menguntungkan, sehingga makin banyak dana yang bisa disalurkan kembali kepada masyarakat, serta masyarakat makin merasa dekat dan memiliki perusahaan tersebut.

Acara penyerahan bantuan juga dihadiri Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Direktur Jenderal Pengelolaan dan Risiko, jajaran Kemenkeu wilayah Jawa Barat, perwakilan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Bupati Bandung, jajaran Pemerintah Jawa Barat, Direksi BUMN di bawah Kemenkeu, Komisaris dan Direksi PT Geo Dipa Energi (Persero), serta masyarakat sekitar penerima manfaat. (bud)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

SEKTOR RIIL

Sinar Mas Group Sumbang 100 Juta Yuan untuk Tangani Corona Virus

Published

on

Teguh Ganda Wijaya, petinggi Sinar Mas Group, seperti dikutip Xinhua.

Mediaemiten.com, Jakarta – APP (Cina), anak perusahaan Sinar Mars Group yang berbasis di Indonesia, menyumbangkan 100 juta yuan (14,4 juta dolar AS) pada hari Senin (27/1/2020) untuk membantu mengurangi wabah pneumonia yang disebabkan oleh coronavirus novel (2019-nCoV) di Cina.

Dana tersebut ditransfer ke Yayasan Amal Cina Rantau Cina. Sementara itu, Gold Hong Ye Paper Group di bawah APP (Cina) telah memulai pembuatan produk darurat untuk produk epidemi dan mengirimkan tisu kebersihan menerima 350.000 yuan langsung ke Provinsi Hubei, Cina tengah.

“Kami berharap dapat berkontribusi pada perang melawan pneumonia di Wuhan dan China pada umumnya,” kata Teguh Ganda Wijaya, petinggi Sinar Mas Group, seperti dikutip Xinhua. (bud).


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

PMLI Perpanjangan Kerjasama dengan STC, Pelatihan Berlisensi Internasional

Published

on

Direktur Utama PT PMLI Edy Purwanto (kanan) bertemu dengan pimpinan STC International, Albert Bos (kiri) untuk menjajaki kemungkinan perpanjangan kerja sama antara kedua belah pihak.

Mediaemiten.com, Bogor – PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) terus berupaya meyediakan pelatihan-pelatihan yang berkualitas baik, dengan standar internasional. Salah satunya adalah kerjasama dengan STC Internasional yang bermarkas di Belanda.

Hari ini, Direktur Utama PT PMLI Edy Purwanto bertemu dengan pimpinan STC International, Albert Bos untuk menjajaki kemungkinan perpanjangan kerja sama antara kedua belah pihak.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak STC yang sudah berdedikasi memberikan pengetahuan dan keterampilan yang sangat dibutuhkan insan-insan pelabuhan khususnya untuk IPC dalam tiga tahun terakhir,” Kata Direktur Utama PMLI, Edy Purwanto, dalam sambutannya.

Edy berharap, kerjasama antara PMLI dan STC dapat dilanjutkan dengan penambahan dan pengembangan modul  pelatihan serta perluasan area kegiatan pelatihan ke BUMN pengelola pelabuhan lainnya di Indonesia.

Sementara itu, Albert Bos mengatakan pihaknya tertarik untuk melanjutkan kerjasama pelatihan dengan PMLI. “Kami akan mengagendakan pertemuan lanjutan untuk untuk membahas kelanjutan kerjasama di tahun mendatang,” ujarnya.

Kerjasama yang dijalin antara kedua belah pihak adalah terkait program pengembangan SDM untuk kegiatan operasional di pelabuhan. Program tersebut meliputi penyusunan kurikulum pelatihan bagi Trainer operator peralatan berat di pelabuhan, penyusunan kurikulum Trainer operator peralatan berat untuk penanganan logistik dan pergudangan, serta hal lain yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM keplabuhanan dan maritim.

Kerjasama yang telah berlangsung sejak 2016 ini menjadikan PT PMLI memiliki lisensi untuk mengadakan pelatihan-pelatihan dengan trainer yang sebelumnya telah dilatih oleh STC International. (bvi)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

IHSG awal Pekan Menguat Hampir Dua Persen

Published

on

IHSG ditutup menguat 118,23 poin atau 1,97 persen ke posisi 6.130,06.

Mediaemiten.com, Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) mengawali pekan ini dengan menguat hampir dua persen, dipicu sentimen “window dressing”.

IHSG ditutup menguat 118,23 poin atau 1,97 persen ke posisi 6.130,06. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 21,44 poin atau 2,24 persen menjadi 978,26.

“Sentimen penggerak indeks hari ini yaitu window dressing. IHSG sendiri membuat rekor dengan menembus dua ‘resistance’ sekaligus, dan karena sudah cukup tinggi umumnya akan terjadi aksi profit taking,” kata analis Panin Sekuritas William Hartanto di Jakarta, Senin (2/12/2019).

“Window dressing” adalah strategi yang dilakukan oleh manajer investasi maupun perusahaan terbuka untuk mempercantik portofolio atau performa laporan keuangan sebelum ditampilkan kepada para pemegang saham.

Dibuka menguat, IHSG bertahan di zona hijau hingga penutupan perdagangan saham.

Penutupan IHSG diiringi aksi jual saham oleh investor asing yang ditunjukkan dengan jumlah jual asing bersih atau “net foreign sell” sebesar Rp148,46 miliar.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 541.337 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 12,99 miliar lembar saham senilai Rp6,68 triliun. Sebanyak 284 saham naik, 117 saham menurun, dan 147 saham tidak bergerak nilainya.

Sementara itu, bursa saham regional Asia antara lain indeks Nikkei menguat 235,6 poin atau 1,01 persen ke 23.529,5, indeks Hang Seng menguat 98,2 poin atau 0,37 persen ke 26.444,7, dan indeks Straits Times melemah 5,95 poin atau 0,19 persen ke posisi 3.187,97. (cit)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending