Connect with us

KALIMANTAN UTARA

BI Kaltra Siapkan Ratusan Hadiah untuk Kampanye GPN

Published

on

Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltara, Hendik Sudaryanto.

Mediaemiten.com, Tarakan – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Utara (Kaltara) menyediakan ratusan hadiah menarik saat mengampanyekan Gerakan Pembayaran Nasional (GPN).

Tujuan kampanye yang digelar pada 10 daerah secara serentak ini agar masyarakat lebih mengenal soal GPN khususnya pembayaran non-tunai.

Sambutan Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltara, Hendik Sudaryanto, saat digelar kampanye GPN di Tarakan, Kaltara, Minggu (16/9/2018), menyatakan, GPN ini telah diluncurkan oleh BI sejak Desember 2017.

Kampanye GPN dilakukakan agar semua daerah mengenal dan memahami manfaatnya dalam melakukan transaksi keuangan di perbankan nasional.

Kampanye GPN di Kaltara dihadiri ribuan warga dan pejabat di Kota Tarakan.

BI Kaltara juga menyediakan kupon undian kepada peserta kampanye dengan memperebutkan ratusan hadiah dan satu unit sepeda motor.

Selain itu, kampanye tersebut dimeriahkan penampilan band lokal dan penyanyi dangdut dan vokalis Padi, Fadly.

Pada kesempatan itu, Hendik Sudaryanto mengungkapkan, penukaran kartu ATM berlogo GPN telah dilakukan perbankan sejak April 2018 hingga 14 September 2018.

Jumlah kartu ATM berlogo GPN yang telah ditukarkan di Kaltara sebanyak 6.190 lembar ssbagian besar di lakukan di perbankan Tarakan.

BI Kaltara menginformasikan, masyarakat yang belum menukarkan kartu GPN, perbankan menyedia waktu empat hari (17-21 September 2018) pada empat lokasi di Kota Tarakan.

“Targetnya 2.000 kartu selama empat hari masa penukaran,” ujar Hendik. (rus)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

FINANSIAL

Beranda – BI : Perekonomian Kaltara Rentan karena Tergantung Ekspor

Published

on

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kaltara, Hendik Sudaryanto.

Mediaemiten.com, Tarakan – Bank Indonesia merilis perekonomian Provinsi Kaltara masih rentan bergejolak karena tergantung pada komoditas ekspor yakni pertambangan dan pertanian.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kaltara, Hendik Sudaryanto di Tarakan, Selasa menyatakan, tantangan besar dihadapi terkait perekonomian Kaltara adalah masih besarnya peran sumber daya alam dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah itu.

“Secara struktur, ekonomi Kaltara didominasi oleh sektor primer. Lapangan usaha pertambangan dan pertanian berkontribusi paling tinggi,” ujar dia.

Komoditas pada kedua sektor ini berorientasi ekspor sehingga ekonomi Kaltara bergantung pada kondisi ekonomi global.

Oleh karena itu, dominasi sektor primer tersebut menjadi penyebab perekonomian Kaltara memiliki kerentanan terhadap kinerja ekspor komoditas utama yang sangat tergantung dengan fluktuasi harga internasional. Bank Indonesia menyarankan, perlunya mengembangkan sektor lainnya seperti pariwisata diyakini dapat menjadi sumber pendorong pertumbuhan ekonomi yang baru di Indonesia.

“Sektor pariwisata yang punya potensi pendorong pertumbuhan ekonomo di Kaltara yang lebih subtansial dalam jangka menengah dan jangka panjang,” sebut Hendik Sudaryanto.

Prospek pariwisata dunia menunjukkan perkembangan yang positif diperkirakan 2020 jumlah wisatawan mencapai 1,3 miliar belum termasuk wisatawan lokal.

Hendik Sudaryanto mengatakan, daya saing Indonesia dalam menangkap potensi tersebut masih belum optimal. Pemanfaatan potensi pariwisata masih rendah karena kunjungan wisatawan masih terkonsentrasi di Bali. (rus)

KOMENTAR


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

FINANSIAL

Beranda – BI : Kaltara Berpotensi jadi Pintu Masuk Wisman

Published

on

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Utara Hendik Sudaryanto.

Mediaemiten.com, Tarakan – Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Utara Hendik Sudaryanto berpendapat bahwa Kaltara berpotensi menjadi pintu masuk utara bagi kunjungan wisatawan mancanegara.

Provinsi Kaltara terletak di bagian utara Indonesia berpotensi menjadi gerbang masuk wisatawan mancanagara dari Filipina, Tiongkok Hong Kong dan lain-lain, kata Hendik Sudaryanto saat memaparkan Kajian Ekonomi Kepariwisataan Regional Dalam Menumbuhkan Perekonomian Kaltara di Tarakan, Selasa (25/9/2018).

Menurut dia, secara geografi Kaltara cukup unik dengan keunggulan pada kondisi hutan yang memiliki kekayaan flora dan fauna.

Selain itu budaya yang beragam juga memperkaya potensi keindahan alam tersebut di daerah tersebut. Hendik mengatakan, sejumlah destinasi wisata unggulan di Kaltara yang sangat potensial dalam kategori yang beragam mulai dari desa wisata, sejarah sampai dengan dan wisata budaya.

Namun, katanya, sejumlah tantangan perlu dihadapi dalam mendorong pariwisata Kaltara yaitu dukungan infrastruktur konektivitas dan peningkatan kualitas SDM.

Hendik menegaskan, sesuai hasil simulasi riset strategi pertumbuhan yang telah dilakukan menunjukkan sektor pariwisata dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Sektor pariwisata dapat memberikan peningkatan PDRB sebesar 0,28 persen, ekspor sebesar 0,53 persen dan tenaga kerja sebesar 0,08 persen, beber dia.

“Hal ini memperlihatkan bahwa pariwisata dapat menjadi sumber pendorong PDRB bagi Kalimantan Utara,” ujar Hendik. (rus)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending