Connect with us

Uncategorized

Pemerintah Serap Rp16,21 Triliun Lelang Surat Utang

Published

on

Imbal hasil terendah yang masuk bagi seri obligasi yang mempunyai tingkat kupon diskonto mencapai 5,3 persen.

Mediaemiten.com, Jakarta – Pemerintah menyerap dana Rp16,21 triliun dari lelang tujuh seri Surat Utang Negara (SUN) untuk memenuhi sebagian pembiayaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dengan total penawaran mencapai Rp36,88 triliun.

Keterangan pers Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan yang diterima di Jakarta, Rabu (12/9/2018), menyebutkan lelang ini memenuhi target indikatif sebesar Rp10 triliun.

Untuk seri SPN03181213, jumlah nominal yang dimenangkan mencapai Rp3 triliun dengan imbal hasil rata-rata tertimbang 5,57 persen. Penawaran untuk obligasi yang jatuh tempo 13 Desember 2018 ini mencapai Rp12,2 triliun.

Imbal hasil terendah yang masuk bagi seri obligasi yang mempunyai tingkat kupon diskonto mencapai 5,3 persen dan imbal hasil tertinggi yang masuk sebesar 6,74 persen.

Untuk seri SPN12190913, jumlah nominal yang dimenangkan mencapai Rp4,5 triliun dengan imbal hasil rata-rata tertimbang 6,34756 persen. Penawaran untuk obligasi yang jatuh tempo 13 September 2019 ini mencapai Rp7,85 triliun.

Imbal hasil terendah yang masuk bagi seri obligasi yang mempunyai tingkat kupon diskonto ini mencapai 6,18 persen dan imbal hasil tertinggi yang masuk sebesar 7,5 persen.

Untuk seri FR0063, jumlah nominal yang dimenangkan mencapai Rp4,85 triliun dengan imbal hasil rata-rata tertimbang 8,52820 persen. Penawaran untuk obligasi yang jatuh tempo 15 Mei 2023 ini pada mencapai Rp8,29 triliun.

Imbal hasil terendah yang masuk bagi seri obligasi yang mempunyai tingkat kupon 5,625 persen ini mencapai 8,39 persen dan imbal hasil tertinggi yang masuk sebesar 8,8 persen.

Untuk seri FR0064, jumlah nominal yang dimenangkan mencapai Rp1,35 triliun dengan imbal hasil rata-rata tertimbang 8,66918 persen. Penawaran untuk obligasi yang jatuh tempo 15 Mei 2028 ini pada mencapai Rp3,83 triliun.

Imbal hasil terendah yang masuk bagi seri obligasi yang mempunyai tingkat kupon 6,125 persen ini mencapai 8,63 persen dan imbal hasil tertinggi yang masuk sebesar 9,25 persen.

Untuk seri FR0065, jumlah nominal yang dimenangkan mencapai Rp0,5 triliun dengan imbal hasil rata-rata tertimbang 8,80531 persen. Penawaran untuk obligasi yang jatuh tempo 15 Mei 2033 ini pada mencapai Rp1,84 triliun.

Imbal hasil terendah yang masuk bagi seri obligasi yang mempunyai tingkat kupon 6,625 persen ini mencapai 8,75 persen dan imbal hasil tertinggi yang masuk sebesar 9,5 persen.

Untuk seri FR0075, jumlah nominal yang dimenangkan mencapai Rp1,7 triliun dengan imbal hasil rata-rata tertimbang 9,15981 persen. Penawaran untuk obligasi yang jatuh tempo 15 Mei 2038 ini pada mencapai Rp2,48 triliun.

Imbal hasil terendah yang masuk bagi seri obligasi yang mempunyai tingkat kupon 7,5 persen ini mencapai 9,02 persen dan imbal hasil tertinggi yang masuk sebesar 9,75 persen.

Untuk seri FR0076, jumlah nominal yang dimenangkan mencapai Rp0,31 triliun dengan imbal hasil rata-rata tertimbang 9,21923 persen. Penawaran untuk obligasi yang jatuh tempo 15 Mei 2048 ini pada mencapai Rp0,38 triliun.

Imbal hasil terendah yang masuk bagi seri obligasi yang mempunyai tingkat kupon 7,375 persen ini mencapai 9,14 persen dan imbal hasil tertinggi yang masuk sebesar 9,35 persen.

Sebelumnya, pemerintah menyerap dana Rp20 triliun dari lelang enam seri Surat Utang Negara pada Selasa (28/8), dengan total penawaran masuk mencapai Rp59,28 triliun. (sat)


OPINI

Sebaiknya Gus Menteri Menyampaikan Permohonan Maaf Secara Terbuka kepada Publik

Published

on

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Instagram.com/@gusyaqut)

MEDIA EMITEN – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (selanjutnya disebut Gus Menteri) mengatakan bahwa Kementerian Agama merupakan hadiah dari negara untuk Nahdlatul Ulama (NU), bukan untuk umat Islam secara keseluruhan. 

Pernyataan ini disampaikan Gus Menteri saat membuka webinar internasional yang digelar Rabithah Ma’ahid Islamiyah dalam rangka peringatan Hari Santri dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube TVNU Televisi Nahdlatul Ulama pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Gus Menteri mengklaim Kementerian Agama lahir karena pencoretan tujuh kata dalam Piagam Jakarta dan juru damainya adalah NU.

Selanjutnya, silahkan baca berita versi lengkapnya di media Hallo.id dalam artikel Sebaiknya Gus Menteri Menyampaikan Permohonan Maaf Secara Terbuka kepada Publik


Continue Reading

SPORT

Bursa Transfer Klub Eropa, Ronaldo Bertahan di Jeventus Atau Berlabuh ke Klub Manchester City

Published

on

Bintang sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo bersama klubnya, Juventus./ Dok. Instagram.com/cristianoronaldo.

MEDIA EMITEN – Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo masih menjadi magnit bagi klub sepak bola.

Manchester City pun tertarik untuk memboyong Ronaldo dari klubnya, Juventus.

 Batas waktu transfer klub sepak bola Eropa tinggal beberapa hari lagi, namun permasalahan antara  Cristiano Ronaldo dan klub sepak bolanya Juventus masih belum terselesaikan.

Baca Juga: Pelatih Bali United Ingin Patahkan Mitos Buruk Soal Juara Bertahan Pada Laga Pembuka BRI Liga I 2021-2022

Namun, sebuah laporan terbaru pagi ini, Kamis 26 Agustus 2021 waktu setempat membuat dunia sepak bola dunia berdengung.

Sebelumnya seperti dikutip Hallo.id dari laman resmi The Spun, laporan dari jurnalis Portugal Goncalo Lopes menyebutkan bahwa pembangkit tenaga listrik Liga Premier Eropa, Manchester City Football Club telah mencapai kesepakatan dengan Juventus untuk membawa Ronaldo ke kandang.

Laporan tersebut dibantah keras oleh jurnalis sepak bola lainnya, yang menyebutkan belum ada pengumuman resmi yang dirilis kedua klub Eropa tersebut.

Baca Juga: Ini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 19 untuk Dapatkan Insentif Rp 3,550 Juta

Ronaldo berada di bangku cadangan saat Juventus melawan Udinese dalam pertandingan pembuka musim Seri A.

Banyak yang berspekulasi kalau hal tersebut merupakan keputusan pribadi bintang sepak bola Portugal itu, bukan lantaran pelatih.

Banyak kalangan menilai, jika Ronaldo jadi bergabung dengan Manchester City, maka bisa mengubah peta keseimbangan kekuatan antar klub sepak bola Eropa.

Baca Juga: Pertamina Dorong Penyandang Disabilitas untuk Mandiri

City sudah sangat diunggulkan untuk memenangkan Liga Premier. Dengan bergabungnya Ranaldo sebagai striker bintang mereka, mungkin bisa mengatasi punuk dan memenangkan Liga Champions.

Apakah Ronaldo ditakdirkan untuk kembali ke Liga Inggris dan bergabung dengan Manchester City? Publik masih terus menunggu.

Reaksi nitizen beragam mengenai isu Manchester City akan memboyong Ronaldo.

Baca Juga: Menteri Luhut dan Menteri Budi Gunadi Lepas Ekspor Alat Suntik PT Oneject Indonesia ke UNICEF dan Ukraina

Akun Ttwitter.com/@UtdFaithfuls menulis:

Ronaldo pergi ke Man City tidak seperti Hazard pergi ke Spurs, Lampard pergi ke City, Bale pergi ke Arsenal atau Tevez pergi ke City.

Ini seperti Messi pergi ke Real Madrid atau Gerrard datang ke Man United. Ini tidak terpikirkan.

Baca Juga: Billboard Wawancara Ekslusif BTS untuk Majalah Musik, Tapi ARMY Malah Marah

Akun @GraciousLeo menulis:

Ronaldo adalah pria yang tak tahu malu. Dia akan menjual jiwanya untuk B’dor dan untuk menghentikan Messi memenangkan UCL (UEFA Champions Leagu atau Liga Champion UCL).

Apakah fans Ronaldo masih akan membelanya jika dia bergabung dengan City?

Baca Juga: Terpopuler Hari Ini, dari Elly Kasim Wafat hingga Ibas Yudhoyono Jadi Doktor dengan IPK 4,0

Akun @Lfcqueen29:

Fans Manchester United menunggu kabar Ronaldo pindah ke City.

Setiawan Adiwijaya/hallo.id (https://www.hallo.id/sport/pr-28979030/bursa-transfer-klub-eropa-rencana-manchester-city-boyong-ronaldo-dari-juventus-masih-misteri?page=3).


Continue Reading

Uncategorized

Kekominfo Akan Bangun 421 BTS di NTT untuk Tingkatkan Konektivitas Digital di Wilayah 3T

Published

on

Ilustrasi BTS./Dok. setkab.go.id.

MEDIA EMITEN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan membangun 421 unit Base Transceiver Station (BTS) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pembangunan jaringan telekomunikasi tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas digital di seluruh penjuru Tanah Air, termasuk wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Baca Juga: 2021, Menteri Kominfo Ajak Media untuk Selalu Aktual, Faktual, dan Akuntabel

“Ada 421 BTS untuk 421 desa yang akan diselesaikan pada tahun 2021 ini dan tahun depan 2022. Saya harapkan ini bisa dilakukan akselerasi sehingga lebih cepat,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan BTS dan Program Literasi Digital di Provinsi NTT, di Kupang, yang dikutip mediaemiten.com dari setkab.go.id.

Johnny mengatakan percepatan pembangunan itu membutuhkan dukungan penuh pemerintah daerah (pemda).

Koordinasi yang baik antara Kemkominfo dan pemda dibutuhkan terutama berkaitan dengan penyediaan lahan yang sesuai dengan rencana pembangunan daerah.

“Mengapa itu, karena BTS enggak bisa dibangun di langit, BTS juga tidak bisa dibangun di dasar laut atau di air, dia bisa dibangun di lahan, di darat, di tanah,” tutur Johnny.

Menurutnya, ini penting sekali agar koordinasi Kominfo dengan Pemda memastikan tersedianya lahan dengan koordinat yang tepat, yang dibutuhkan untuk pembangunan dan pengembangan desa, kecamatan dan kabupaten.

Ditegaskan, pembangunan BTS perlu diselaraskan dengan rencana pembangunan daerah agar cakupan atau coverage sinyal telekomunikasi dan internet dapat mendukung pencapaian target pembangunan daerah secara optimal.

“Saya harapkan sekarang kita sama-sama menentukan titiknya, yang sejalan dengan rencana pembangunan daerah agar di wilayah di mana ada coverage sinyalnya, di situlah nanti pemukiman masyarakat, di situlah nanti kantor layanan pemerintahan, di situlah nanti sekolah-sekolah dan kegiatan-kegiatan lainnya,” ucapnya.

Johnny mengharapkan agar penyediaan lahan untuk pembangunan BTS berada di lokasi yang dekat dengan pemukiman, sarana pendidikan dan pelayanan masyarakat.

Hal itu diperlukan agar tidak lagi beredar informasi siswa maupun guru harus naik ke gunung untuk mencari akses sinyal internet.

“Kepala desa mau rapat streaming, video conference call naik pohon, jangan sampai lagi. Kita perlu sama dan sejalan, itulah gunanya rapat koordinasi kita hari ini untuk menentukan di mana titik-titiknya, sehingga pembangunan dan BTS itu berdampak panjang sejalan dan seirama, searah dengan pembangunan wilayah, aktivitas masyarakat sendiri ada di sana, itu penting sekali,” ungkapnya.

Melalui penyediaan akses telekomunikasi diharapkan akan dapat mendukung transformasi digital di NTT.

“Saya tidak berharap nanti ada lagi wilayah kegiatan masyarakat yang blank spot. Jadi akan dibangun 421 BTS, ini satu titik awal lompatan dan fondasi transformasi digital, migrasi aktivitas masyarakat Nusa Tenggara Timur dan aktivitas ruang fisik ke aktivitas ruang-ruang digital,” ujarnya.

Selain membangun BTS, menurut Menkominfo, Pemda juga perlu menyiapkan talenta digital yang memadai.

“Talenta digital di Nusa Tenggara Timur akan dan harus menjadi lompatan raksasa kita agar setara dengan saudara dan sahabat sebangsa dan tentunya tetangga kita,” katanya.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat mengatakan, rapat koordinasi untuk mempercepat pembangunan BTS di NTT ini tak hanya memberikan energi positif tapi juga merupakan sebuah wujud lompatan budaya kerja.

Ia meminta jajarannya untuk memanfaatkan dengan baik infrastruktur teknologi dan informasi (TIK) yang telah dibangun oleh Kemkominfo.

“Kalau Pak Menteri dengan jajaran sudah bekerja luar biasa, Direktur BAKTI [Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi] untuk infrastrukturnya membangun hebat di NTT, tapi kalau sumber daya manusianya tidak ada di desa, semata-mata membangun jalan tapi tidak ada manfaat apa-apa,” ujar Gubernur NTT.

Simak Pula: Pemkab Bogor Siapkan 10 TPU untuk Korban Covid-19 yang Meninggal

Berdasarkan data dari Kemkominfo, lokasi pembangunan 421 unit BTS 4G ini tersebar di seluruh wilayah di NTT, dengan perincian di Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 24 lokasi, Kabupaten Manggarai Timur 66 lokasi, Kabupaten Alor 33 lokasi, Kabupaten Ende 59 lokasi, Kabupaten Kupang 24 lokasi, Kabupaten Lembata 31 lokasi, dan Kabupaten Nagekeo 1 lokasi.

Kemudian di Kabupaten Rote Ndao sebanyak 15 lokasi, Kabupaten Sabu Raijua 3 lokasi, Kabupaten Sumba Tengah 21 lokasi, Kabupaten Sumba Timur 89 lokasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan 15 lokasi, Kabupaten Timor Tengah Utara 4 lokasi, Kabupaten Manggarai 31 lokasi, Kabupaten Sumba Barat 4 lokasi, dan Kabupaten Sumba Barat Daya 1 lokasi. (Tat)


Continue Reading

Trending