Connect with us

AGROBISNIS

BEI Awasi Pergerakan Harga Saham Andira Agro

Published

on

PT Andira Agro Tbk merupakan emiten yang bergerak di bidang perkebunan, pertanian dan agroindustri.

Mediaemiten.com, Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang mencermati dan mengawasi pergerakan harga dan aktivitas transaksi saham PT Andira Agro Tbk (ANDI) lantaran terjadi peningkatan harga di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA).

“Informasi terakhir mengenai emiten adalah terkait pencatatan saham,” papar Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Lidia M Panjaitan dalam keterangan resmi di Jakarta Jumat (24/8/2018).

Ia menyampaikan sehubungan terjadinya UMA pada saham ANDI, pihak bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham tersebut.

Pihak Bursa mengharapakan investor selalu memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa, serta mencermati kinerja dan keterbukaan informasi.

Selain itu, lanjut dia, investor diharapkan mengkaji kinerja rencana aksi korporasi perusahaan tercatat apabila rencana itu belum mendapatkan persetujuan RUPS.

Ia menambahkan investor juga diharapkan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

“Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal,” paparnya.

PT Andira Agro Tbk merupakan emiten yang bergerak di bidang perkebunan, pertanian dan agroindustri. Pada perdagangan sesi pertama hari ini (Jumat, 24/8/2018), terpantau saham ANDI bergerak menguat 25 persen menjadi Rp825 per saham. (zub)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

AGROBISNIS

PT Sinar Mas Agro Produksi TBS Naik 20%

Published

on

Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART) mencatat produksi kelapa sawit per 31 Maret 2019 mencapai 621.268 ton Tandan Buah Segar.

Mediaemiten.com, Jakarta – PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART) mencatat produksi kelapa sawit per 31 Maret 2019 mencapai 621.268 ton Tandan Buah Segar (TBS) atau naik 20% dari periode yang sama tahun 2018 sebesar 515.647 ton TBS.

Produksi tersebut berasal dari lahan inti sebesar 500.134 ton TBS atau naik 20% dari 418.100 ton TBS. Sedangkan dari lahan plasma produksinya mencapai 121.134 ton TBS atau naik 24% dari 97.547 ton TBS.

Demikian mengtp ketarbukaan informasi di BEI, tentang materi public expose perseroan, Kamis (13/6/2019). Sedangkan untuk produksivitas TBS dalam satu ton per hektare sebesar 4,64 dari 3,79 atau naik 22%.

Sedangkan produksi sawit mencapai 182.845 ton dari 149.033 ton atau naik 23%. Produksi tersebut berupa CPO menjadi 144.908 ton dari 119.460 ton atau naik 21%. Sementara berupa PK menjadi 37.937 ton dari 29.573 ton atau naik 28%.

Untuk penjualan bersih perseroan menjadi Rp9,4 triliun dari RP8,4 triliun atau naik 11%. Sedangkan laba kotor menjadi Rp1,06 triliun dari Rp936 miliar atau naik 14%. Untuk EBITDA menjadi Rp795 miliar dari Rp535 miliar atau naik 49%.

Untuk total aset menjadi Rp28,3 triliun dari RP29,31 triliun. Total liabilitas menjadi Rp15,65 triliun dari Rp17,06 triliun.

PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) didirikan pada tanggal 18 Juni 1962. Perseroan adalah salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terintegrasi dan terkemuka di Indonesia.

Aktivitas utama Perseroan dimulai dari penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar (TBS) menjadi minyak sawit (CPO) dan inti sawit (PK), pemrosesan CPO menjadi produk industri dan konsumen seperti minyak goreng, margarin dan shortening, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit ke seluruh dunia. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1962.

Untuk pemegang saham perseroan didomsinasi PT Purimas Sasmita sebesar 92,40%. Sedangkan saham publik hanya sebesar 7,60%. (*)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

AGROBISNIS

Provident Agro Bagikan Dividen Tunai Rp 36,5 Per Saham

Published

on

Presiden Direktur Provident Agro, Tri Boewono.

Mediaemiten.com, Jakarta – PT Provident Agro Tbk (PALM) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 260 miliar atau Rp 36,5 per saham. Aksi korporasi ini disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan pada hari Senin (13/8/2018).

Adapun dividen tunai yang dibagikan pada tahun ini diambil dari saldo laba Provident per 31 Desember 2017 yang sebesar Rp 267,46 miliar. Artinya, dividend payout ratio PALM sebesar 97,21%.

RUPSLB juga menyetujui rencana untuk menggunakan sebagian saldo laba PALM per 31 Desember 2017 sekitar Rp 1 miliar sebagai cadangan wajib.

Presiden Direktur Provident Agro, Tri Boewono mengatakan, pembagian dividen tunai kali ini menunjukkan komitmen Provident Agro untuk memberikan manfaat terbaik kepada para pemegang saham.

“Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak yang mendukung perusahaan sehingga kami dapat meneruskan komitmen kami untuk membagikan dividen kepada pemegang saham. Kami berharap kinerja positif akan terus terjaga untuk dapat melanjutkan komitmen kami kepada seluruh pemegang saham,” tutur Tri Boewono seusai RUPSLB di Jakarta.

Sekadar info, Provident Agro dibentuk pada 2 November 2006. Perusahaan perkebunan kelapa sawit ini merupakan perusahaan joint venture antara PT Saratoga Sentra Business dan PT Provident Capital Indonesia. Perusahaan ini melantai di bursa saham sejak 2012, Demikian, seperti dilansir Kontan.co.id. (*)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

AGROBISNIS

Oversubscribed Dua Kali, PT Mahkota Group (MGRO) Langsung Naik 49 Persen Saat Listing

Published

on

PT Mahkota Group Tbk hari ini resmi mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Mediaemiten.com, jakarta– PT Mahkota Group Tbk hari ini resmi mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan pengolahan kelapa sawit ini melantai menggunakan kode MGRO.

Saat pembukaan perdagangan perdana di BEI, harga saham PT Mahkota Group Tbk (MGRO) langsung melesat naik sebesar 49,56 persen atau menyentuh batas atas auto-rejection ke level Rp338 dri harga penawrn umum senilai Rp225 per saham.

Direktur Utama MGRO, Usli Sarsi menuturkan, bahwa perusahaan mencatat sebanyak 703.688.000 saham baru dengan harga penawaran Rp225 per saham. Dengan demikian, diperkirakan MGRO akan meraih dana segar dari hasil Initial Public Offering (IPO) ini sekitar Rp158,33 miliar.

“Sekitar 60% dana hasil IPO, akan digunakan untuk pengembangan industri hilir melalui investasi ke entitas anak PT Mutiara Unggul Lestari (MUL), yaitu PT Intan Sejati Andalan (ISA-entitas anak MUL), dan sekitar 40% akan digunakan untuk modal kerja MUL, PT Berlian Inti Mekar dan PT Intan Sejati Andalan,”jelasnya, di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (12/8/2018).

Selama masa penawaran, saham MGRO diminati banyak investor baik lokal maupun luar negeri. Alhasil, pemesanan saham perseroan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 2 kali dari total saham yang ditawarkan dimana masa penjatahan telah dilakukan pada tanggal 10 Juli 2018.

“Alami oversubscribed sebanyak dua kali kemarin pas masa penawaran. Kebanyakan yang menyerap itu investor ritel baik lokal maupun asing, mungkin sekitar 70% dari total saham yang ditawarkan. Apalagi MGRO atau perusahaan sudah terkenal dengan baik khususnya di Sumatera, jadi banyak investor ritel dari sana,”ujar Prama Nugraha Direktur Panin Sekuritas (Penjamin Emisi Efek).

Terkait penetapan harga MGRO di level Rp225 per saham tersebut, menurut Prama Nugraha, sudah melalui proses evaluasi. Perusahaan juga melihat (emiten) yang sejenis atau industrinya sama dengan MGRO yakni pengolahan sawit.

“Sementara PER dari MGRO itu sekitar 7 kali, atau cukup atraktif dibanding rata -rata PER industri yaitu sekitar 12 kali,”pungkasnya. (mar)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending