Connect with us

BALI

Dampak Erupsi Gunung Agung, Garuda Batalkan 38 Penerbangan

Published

on

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai resmi ditutup sejak Jumat (29/6) pukul 03.00 WITA

Mediaemiten.com.com, Jakarta – PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) membatalkan 38 penerbangan di bandara internasional I Gusti Ngurah Rai menyusul peningkatan aktivitas sebaran debu vulkanik dari erupsi Gunung Agung, Bali.

“Pembatalan penerbangan dari dan ke Denpasar, Bali sejalan komitmen perusahaan dalam mengedepankan aspek keselamatan operasional penerbangan, khususnya mempertimbangkan sebaran abu vulkanik yang sangat beresiko terhadap keselamatan penerbangan,” kata Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Hengki Heriandono, dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai resmi ditutup sejak Jumat (29/6) pukul 03.00 WITA hingga 19.00 WITA menyusul hembusan Gunung Agung yang terus menerus mengeluarkan asap dan abu vulkanik.

“Sehubungan dengan peningkatan aktivitas erupsi Gunung Agung tersebut, kami juga telah mempersiapkan contingency plan untuk penanganan penerbangan yang terdampak termasuk penanganan penumpang”, ujar Hengki, seperti dilansir media Suarabumn.com.

Dengan situasi ini, seluruh penumpang Garuda Indonesia terdampak pembatalan jadwal penerbangan Garuda Indonesia akibat sebaran abu vulkanik dari Gunung Agung diberikan pilihan untuk mengubah jadwal penerbangan (reschedule), reroute atau melakukan refund sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Garuda Indonesia akan terus memonitor situasi dan perkembangan berkaitan dengan aktivitas Gunung Agung tersebut, khususnya aktivitas sebaran abu vulkanik yang dapat mengganggu keselamatan penerbangan.

Garuda Indonesia mengimbau para penumpang untuk memastikan kembali jadwal penerbangannya melalui call center Garuda Indonesia di nomor 021-23519999 dan 0804 1 807 807.

Penumpang juga diimbau untuk memastikan nomor kontak atau alamat e-mail yang tercantum pada tiket agar kami dapat menghubungi apabila terjadi perubahan jadwal penerbangan. (sin)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BALI

BNI Bali Siapkan “Money Changer” Delegasi IMF

Published

on

Penyediaan layanan penukaran mata uang asing itu disesuaikan dengan kebutuhan para delegasi pertemuan IMF dan Bank Dunia.

mediaemiten.com, Denpasar – Bank BNI menyiapkan layanan penukaran valuta asing atau “money changer” di sekitar kawasan pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Nusa Dua, Bali, untuk melayani kebutuhan uang rupiah para delegasi.

“Kami ingin memberikan mereka kemudahan dalam bertransaksi,” kata Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali, NTB dan NTT Eko Setyo Nugroho di Denpasar, Senin (3/9/2018). Eko menjelaskan total ada sekitar 10 layanan penukaran mata uang asing yang didirikan bank BUMN itu yang berada di lokasi strategis, diantaranya tiga gerai khusus, tempat penukaran di beberapa hotel dan tiga layanan penukaran melalui layanan bus bergerak.

Penyediaan layanan penukaran mata uang asing itu, kata dia, juga akan disesuaikan dengan kebutuhan para delegasi pertemuan IMF dan Bank Dunia. BNI, kata dia, juga menambah mata uang dari 12 menjadi 17 mata uang yang selama ini belum begitu banyak transaksi di Bali namun saat pertemuan IMF-Bank Dunia diperkirakan akan melonjak di antaranya dari Brunei Darussalam, Taiwan, Saudi Arabia, Kanada, Kuwait dan Thailand. Pihaknya memprediksi peningkatan transaksi penukaran mata uang asing melonjak 10-15 persen dari total per tahun selama ini mencapai sekitar 1 miliar dolar AS di wilayah Denpasar. Selain menyiapkan layanan penukaran mata uang asing, pihaknya juga menyiapkan infrastruktur layanan anjungan tunai mandiri (ATM) di sekitar kawasan pertemuan IMF dan Bank Dunia. Eko mengatakan lebih dari 80 persen layanan ATM di sejumlah hotel di Nusa Dua akan didukung BNI, sebagai salah satu mitra bank selama pelaksanaan pertemuan akbar bidang ekonomi dan keuangan tahunan itu. “Selain ATM, kami juga siapkan mesin ‘EDC’ untuk transaksi baik di area hotel Nusa Dua, Benoa, Jimbaran bahkan di Mandalika dan Labuan Bajo karena mereka kemungkinan akan berkunjung ke sana,” ucapnya. Eko memperkirakan potensi perputaran uang sebesar selama pelaksanaan pertemuan itu 8-14 Oktober 2018 mencapai lebih dari Rp943,5 miliar.

Perputaran uang itu diantaranya berasal dari pengeluaran akomodasi yang paling besar mencapai sekitar Rp569,9 miliar diikuti pengeluaran untuk makanan dan minuman sekitar Rp190,5 miliar, transportasi sekitar Rp36,1 miliar, hiburan sekitar Rp57 miliar dan belanja buah tangan sekitar Rp90,2 miliar.

Pertemuan akbar itu dijadwalkan akan dihadiri sekitar 15 ribu delegasi dari 189 negara di dunia. Mereka merupakan menteri keuangan, gubernur bank sentral, pebisnis, investor, hingga para kepala negara dari sejumlah negara yang turut hadir pada pertemuan akbar tersebut. (dew)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BALI

OJK Optimistis Pertemuan IMF Rangsang Kredit Bali

Published

on

Mediaemiten.com, Denpasar – Otoritas Jasa Keuangan optimistis Pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Bali akan merangsang penyaluran kredit di wilayahnya, mengingat pertumbuhan kredit selama semester pertama 2018 lebih rendah dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya. “Sampai akhir tahun ini kami optimis penyaluran kredit tumbuh 10 persen,” kata Kepala OJK Regional Bali dan Nusa Tenggara Hizbullah di Denpasar, Kamis (30/8/2018). Menurut Hizbullah, realisasi penyaluran kredit di Bali selama semester pertama tahun ini atau periode Januari-Juni tahun 2018 mencapai Rp83,9 triliun atau tumbuh 4,44 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Meski terjadi pertumbuhan, namun tahun lalu, Hizbullah mencatat pertumbuhan penyaluran kredit mencapai 6,05 persen. Dia menjelaskan pertemuan akbar tersebut diharapkan mendorong pelaku usaha melakukan ekspansi atau perluasan bisnis sehingga mereka akan melirik pembiayaan di lembaga jasa keuangan.

OJK mencatat tiga sektor utama penerima kredit di Bali semester pertama tahun ini yakni bukan lapangan usaha terkait kredit konsumtif dan terkait penyediaan kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar 38,06 persen. Selain itu sektor perdagangan besar dan eceran 31,62 persen serta penyediaan akomodasi, makan dan minum mencapai 8,9 persen.

Berdasarkan penggunaan kredit, sebagian besar dimanfaatkan sektor produktif sebesar 61,25 persen yang terdiri dari modal kerja 39,67 persen dan kredit investasi sebesar 21,58 persen. Walau menginginkan terjadi pertumbuhan realisasi kredit namun, Hizbullah tetap mengingatkan perbankan untuk berhati-hati sebelum mencairkan pembiayaan kepada calon debitur. Upaya itu dilakukan untuk menekan angka kredit bermasalah atau “non performing loan” (NPL).

Selama per Juni 2018, OJK mencatat NPL di Bali mencapai 3,73 persen atau meningkat dibandingkan posisi Desember 2017 yang mencapai 3,42 persen. Apabila dirinci, kredit bermasalah paling tinggi pada sektor pertambangan dan penggalian pasir mencapai 10,72 persen dan kegiatan usaha yang belum jelas batasannya (konsumtif) sebesar 8,83 persen.

NPL tertinggi ketiga terkait jasa perorangan yang melayani rumah tangga sebesar 7,7 persen.

Pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia dijadwalkan berlangsung di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, 8-14 Oktober 2018, yang rencananya dihadiri sekitar 15 ribu orang delegasi dari 189 negara di dunia. Delegasi itu di antaranya sejumlah kepala negara, menteri keuangan, gubernur bank sentral, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, praktisi hingga media. (dew)


Media Emiten menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : mediaemiten@gmail.com, dan redaksi@mediaemiten.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending